PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE BERBANTU ALAT PERAGA PUZZLE VENN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Al-Ikhlas Setupatok Kabupaten Cirebon)

LAELATUL MUNAWAROH, (2013) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE BERBANTU ALAT PERAGA PUZZLE VENN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Al-Ikhlas Setupatok Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Laelatul Munawaroh 59451133_OK.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

LAELATUL MUNAWAROH: “PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE BERBANTU ALAT PERAGA PUZZLE VENN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Al-Ikhlas Setupatok Kabupaten Cirebon )” Kualitas pemahaman dan kemampuan berpikir siswa dapat dikatakan rendah terhadap matematika disebabkan pembelajaran yang dilakukan di sekolahsekolah masih berpusat pada guru. Siswa menyelesaikan banyak soal tanpa pemahaman yang mendalam. Akibatnya kemampuan penalaran dan kompetensi strategis siswa tidak berkembang. Selain itu pendekatan pembelajaran tradisional ternyata kurang mendukung untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan dan mengkaji seberapa besar pengaruh teknik pembelajaran think-pair-share berbantu alat peraga puzzle venn terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VII pada pokok bahasan himpunan di MTs Al-Ikhlas Setupatok. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat eksperimen. Penelitian ini mengambil populasi kelas VII MTs Al-Ikhlas Setupatok kabupaten Cirebon yang berjumlah 230 siswa. sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII B yang diambil berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS versi 17.0 Dapat disimpulkan bahwa 5.186 > 2.018 yang berarti bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan persamaan regresinya . Ini berarti jika tanpa teknik pembelajaran think-pair-share berbantu alat peraga puzzle venn maka kemampuan berpikir aljabar sebesar 28.753 dan koefisien regresi sebesar 0.608 setiap teknik pembelajaran think-pairshare berbantu alat peraga puzzle venn akan mempengaruhi kemampuan berpikir aljabar siswa. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 07:06
Last Modified: 12 Jun 2017 03:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item View Item