UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Cirebon)

LAELIYAH, (2013) UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LAELIYAH_59451025_ok.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

LAELIYAH : ” UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)” Pembelajaran yang terjadi saat ini kurang efektif sehingga pembelajaran yang dilakukan belum mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa menjadi lebih baik terutama di kelas VIIA SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Untuk itu perlu adanya pemilihan strategi pembelajaran matematika dengan pendekatan yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Salah satunya adalah pembelajaran melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika dapat meningkat setelah proses pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), dampak positif dan dampak negatif pada kegiatan belajar mengajar matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), apakah pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat menempatkan siswa sebagai subjek yang aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran RME adalah suatu pembelajaran matematika yang didasarkan pada ide, bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika harus dihubungkan secara nyata terhadap konteks kehidupan sehari-hari siswa, sebagai suatu sumber pengembangan dan sebagai area aplikasi melalui proses matematisasi. Kemandirian belajar adalah kegiatan belajar dengan kemampuan sendiri dan kompetensi yang telah dimiliki meliputi perilaku mampu berinisiatif, mampu mengatasi masalahnya sendiri tanpa bergantung kepada orang lain, mempunyai rasa percaya diri dan tanggung jawab yang tinggi, melakukan kontrol diri dan disiplin. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik pengamatan langsung (observasi), angket dan dokumentasi. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada kegiatan belajar mengajar di kelas VIIA SMP Negeri 12 Kota Cirebon pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai persentase pada tiap siklus, yaitu: Aspek ketidaktergantungan terhadap orang lain pada siklus I 36%, siklus II 52% dan siklus III 69%. Aspek memiliki kepercayaan diri pada siklus I 41%, siklus II 61% dan siklus III 75%. Aspek berperilaku disiplin pada siklus I 50%, siklus II 63% dan siklus III 77%. Aspek memiliki rasa tanggung jawab pada siklus I 47%, siklus II 58% dan siklus III 69%. Aspek berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri pada siklus I 30%, siklus II50% dan siklus III 72%. Aspek melakukan kontrol diri pada siklus I 36%, siklus II 55% dan siklus III 75%. 2) Dampak positif pada kegiatan belajar mengajar matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di kelas VIIA SMP Negeri 12 Kota Cirebon pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yaitu berupa: a) Menjadikan kelas lebih kondusif. b) Pembelajaran matematika menjadi menarik bagi siswa. c) Meningkatkan kemandirian belajar siswa. Sedangkan dampak negatifnya yaitu: a) Dibutuhkan waktu yang lama untuk memahami materi pelajaran. b) Siswa masih kesulitan untuk menemukan jawabannya sendiri ketika memecahkan masalah kontekstual karena siswa belum terbiasa 3) Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada kegiatan belajar mengajar matematika di kelas VIIA dapat menempatkan siswa sebagai subjek yang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kepercayaan diri siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum dimengerti, selain itu meningkatnya kepercayaan diri siswa untuk mempersentasikan hasil diskusi dengan kelompoknya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 07:16
Last Modified: 12 Jun 2017 03:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item