PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 CIREBON)

Laila Syahida, (2013) PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 CIREBON). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LAILA SYAHIDA_OK.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Laila Syahida. NIM 59450988. PENGARUH KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 CIREBON). Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2013. Dalam proses pembelajaran matematika diharapkan peserta didik dapat memiliki kemampuan untuk memahami konsep matematika. Namun pada kenyataannya, masih ada sebagian besar siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan pemahaman konsep. Dari sanalah penulis berasumsi bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menggambarkan respon siswa terhadap penggunaan kombinasi model pembelajaran MMP dan Jigsaw, 2) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dalam pelajaran matematika setelah menggunakan model pembelajaran tersebut, dan 3) Untuk melihat adakah pengaruh kombinasi model pembelajaran MMP dan Jigsaw terhadap pemahaman konsep matematika. Pemahaman terhadap konsep sangat penting karena apabila siswa menguasai konsep materi prasyarat maka siswa akan mudah untuk memahami konsep materi selanjutnya. Siswa yang memahami suatu konsep juga akan dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan dan variasinya. Kombinasi model pembelajaran MMP dan Jigsaw dirasa tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika karena dalam prosesnya siswa belajar secara kooperatif namun tetap semua anggotanya ikut aktif berkontribusi dalam pembelajaran. Selain itu kombinasi model pembelajaran ini pun menekankan pada pemberian tugas-tugas yang dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep matematika. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Cirebon tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 308 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 45 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Dari hasil penelitian ini didapat: 1) Sebanyak 28,89% siswa merespon sangat positif dan 71,11% siswa merespon positif terhadap kombinasi model pembelajaran MMP dengan Jigsaw, 2) Hasil tes pemahaman konsep matematika diperoleh skor rata-rata sebesar 77,44 yang tergolong kategori “baik”. 3) Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y = 2.592 X dengan nilai koefisien determinasi dalam uji kebaikan model sebesar 70,4%. Hal ini berarti bahwa setiap ada peningkatan penerapan kombinasi model pembelajaran MMP dan Jigsaw, akan mempengaruhi pemahaman konsep matematika sebesar 2,592. Kata Kunci: Kombinasi MMP dan Jigsaw, Pemahaman konsep matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 07:24
Last Modified: 12 Jun 2017 01:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item