Strategi dan Metode Komunitas Hijabers di Cirebon dalam Pengembangan Aktivitas Ekonomi (Studi Atas Hijabers Community/CHC di Cirebon)

Erin Rismaya, (2015) Strategi dan Metode Komunitas Hijabers di Cirebon dalam Pengembangan Aktivitas Ekonomi (Studi Atas Hijabers Community/CHC di Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ERIN RISMAYA 2015 MEPI (WM BLM).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Erin Rismaya NIM: 14112210045 “Strategi dan Metode Komunitas Hijabers di Cirebon dalam Pengembangan Aktivitas Ekonomi (Studi atas Cirebon Hijabers Community/CHC). Skripsi 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan metode pengembangan aktivitas ekonomi pada komunitas Hijabers di Cirebon. Penelitian ini dilakukan dengan mengingat perlunya informasi dan pengetahuan tentang sebuah komunitas yang memiliki program pengembangan ekonomi. Hijabers di Cirebon yang eksis selama tiga tahun terakhir dijadikan sebagai objek penelitian ini, karena karakteristik dan strategi gerakan ekonominya yang terbilang berkembang. Secara metodologi, penelitian ini menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan memanfaatkan pendekatan sosiologi-ekonomi. Adapun temuantemuan penelitian ini antara lain: Pertama, komunitas hijabers di Cirebon terbentuk seiring berkembangnya komunitas-komunitas Hijabers di berbagai kota. Program kegiatannya pun meluas hingga ranah aktivitas ekonomi. Kedua, dalam menjalankan bisnisnya, komunitas Hijabers ini memiliki strategi dan metode pengembangan aktivitas ekonomi, yang meliputi penguatan konsep dan bauran pemasaran, strategi dan metode bersaing, perluasan jaringan bisnis, hubungan antara supplier dan konsumen, bisnis yang bersifat islami dan tahapan usaha yang sistematis. Ketiga, semua strategi dan metode tersebut dapat berkembang karena faktor-faktor pengembangan aktivitas ekonomi yang meliputi sumber daya manusia islami, permodalan, manajemen, budaya dan faktor dukungan dari instansi atau pihak lain. Kata kunci: Cirebon Hijabers Community, strategi dan metode pengembangan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:15
Last Modified: 12 Jun 2017 04:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item