PENERAPAN E-MODUL PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ANIMALIA KELAS X SMA ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON

WELLI UTAMI, (2013) PENERAPAN E-MODUL PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ANIMALIA KELAS X SMA ISLAM AL-AZHAR 5 CIREBON. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
WELLI UTAMI_OK-min.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

WELLI UTAMI:“Penerapan E-Modul Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Animalia Kelas X SMA Islam Al- Azhar 5 Cirebon” Proses pembelajaran tak pernah lepas dari peran guru dan penggunaan bahan ajar di sekolah. Kemajuan teknologi informasi telah memungkinkan penyajian bahan ajar cetak, menjadi bahan ajar yang berbentuk elektronik yaitu modul elektronik (e-modul). Tampilan e-modul yang menarik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, untuk lebih mendorong keaktifan, kerjasama dan tanggung jawab dalam diri siswa. Maka, diterapkan pula model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji Penerapan e-modul pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada konsep Animalia. (2) Untuk mengkaji Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan e-modul pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada konsep Animalia. (3) Untuk mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menerapkan e-modul pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang tidak menerapkan e-modul pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada konsep Animalia. (4) Untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan e-modul pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada konsep Animalia. E-modul merupakan versi elektronik dari sebuah modul tercetak yang dapat dibaca pada sebuah personal komputer dan dirancang dengan menggunakan software. Kelebihan E-modul yaitu memberikan suasana yang lebih hidup dan penampilannya menarik. Sedangkan kekurangannya yaitu memerlukan dukungan sarana dan prasarana tertentu, seperti: listrik, komputer, proyektor yang tidak selamanya mudah diperoleh. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan angket. Populasi berjumlah 118 siswa kelas X SMA Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelas X1 sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah aktivitas siswa berjalan sangat baik ditunjukkan dari hasil observasi on task yang selalu lebih besar daripada off task, terdapat peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan e-modul dengan yang tidak menerapkannya pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Respon siswa terhadap penerapan e-modul pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD baik hal ini ditunjukkan dengan 44% menyatakan Setuju. Kata kunci : e-modul, model pembelajaran kooperatif, STAD, hasil belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:11
Last Modified: 31 Mar 2017 08:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item