PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMP IT NUURUSSHIDDIIQ KOTA CIREBON

WASILAH, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMP IT NUURUSSHIDDIIQ KOTA CIREBON. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
WASILAH_59461291_OK-min.pdf

Download (644kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

WASILAH : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMP IT NUURUSSHIDDIIQ KOTA CIREBON Dalam pembelajaran biologi di sekolah kadang-kadang guru mengabaikan bahwa pembelajaran biologi tidak hanya teori tetapi lebih mengutamakan pembuktian sehingga siswa hanya mengerti tentang dasar teori tetapi tidak mengetahui hal yang nyata berada di alam sekitar, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan terobosan baru dalam kegiatan belajar mengajar terutama dalam metode pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keterampilan generik sains siswa yang melakukan diskusi dengan menggunakan metode Learning Cycle 5E, bagai mana penerapan Learning Cycle 5E, dalam meningkatkan keterampilan generik sains siswa dan seberapa besar respon siswa terhadap pembelajaran Learning Cycle 5E,. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar hasil belajar siswa setelah menggunakan model Learning Cycle 5E, pada materi keanekaragaman makhluk hidup, seberapa besar pengaruh penggunaan model Learning Cycle 5E,, dan untuk mengkaji respon siswa terhadap penggunaan model Learning Cycle 5E,. Untuk mendapatkan hasil belajar Biologi yang maksimal, dimana pada akhirnya Kriteria Ketuntasan Minimum tercapai maka harus memberikan perubahan dalam kondisi pembelajaran sehingga bervariasi dan tidak monoton, guru dituntut untuk kreatif dan juga menguasai media yang tepat dan efektif. Salah satu model yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi adalah model Learning Cycle 5E,. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Nuurusshiddiiq Kota Cirebon. Pengambilan responden dilakukan dengan menggunakan teknik populasi yaitu kelas VII sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa. Untuk teknis analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesis adalah dengan uji Paired Samples Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Uji Paired Samples Test diperoleh nilai Sig. 0,000 atau < 0,05 berarti terdapat peningkatan hasil belajar setelah pembelajaran Biologi dengan menggunakan model Learning Cycle 5E,. Terdapat Peningkatan hasil belajar yang signifikan. Siswa juga merespon positif terhadap penggunaan model Learning Cycle 5E,. hal ini diketahui berdasarkan hasil penyebaran angket setelah dilakukan Post-Test.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:16
Last Modified: 31 Mar 2017 08:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item