PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII POKOK BAHASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP PGRI KEDOKANBUNDER

URIPAH MINARNI, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VII POKOK BAHASAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP PGRI KEDOKANBUNDER. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
URIPAH MINARTI_59461218_OK-min.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

URIPAH MINARNI : Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa pada Konsep Pengelolaan Lingkungan Kelas VII di SMP PGRI Kedokanbunder Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di SMP PGRI Kedokanbunder, didapatkan hasil bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPA belum sepenuhnya mengembangkan kemampuan Literasi Sains yang dimiliki siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa adalah model sains teknologi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Literasi Sains Siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada konsep pengelolaan lingkungan. Mengetahui perbedaan literasi sains siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada konsep pengelolaan lingkungan. Serta untuk mengetahui respon siswa berkaitan dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep pengelolaan lingkungan di SMP PGRI Kedokanbunder. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI Kedokanbunder dengan sampel 2 kelas yaitu kelas VII-B (kelas Eksperimen) dan kelas VII-A (kelas kontrol) dimana masing masing kelas berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Gain dan Uji Hipotesis Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa terdapat peningkatan Literasi sains siswa pada konsep pengelolaan lingkungan di kelas yang menerapkan Model Pembelajaran CTL. Hal ini dilihat berdasarkan hasil uji paired samples test diketahui bahwa diperoleh nilai signifikansi atau Sig (2-tailed) adalah 0,001. Terdapat perbedaan literasi sains siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran CTL (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran CTL (kelas kontrol) pada konsep pengelolaan lingkungan, hal ini dilihat berdasarkan hasil uji Independent Samples Test diketahui bahwa diperoleh nilai signifikansi atau Sig (2- tailed) adalah 0,001. Kalau dibandingkan, maka nilainya akan lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05), hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CTL pada konsep Pengelolaan Lingkungan dikatakan cukup baik. Hal ini di lihat dari hasil penyebaran angket terhadap penerapan model pembelajaran CTL pada konsep pengelolaan lingkungan. Ini terlihat dari hasil perhitungan angket diperoleh 11 dari 20 orang siswa di kelas eksperimen memiliki respon sangat kuat terhadap penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan presentase 55%. Siswa yang memiliki respon kuat sebanyak 9 dari 20 orang dengan presentase 45%. Dengan demikian tidak ada siswa yang merespon negative terhadap penerapan model pembelajaran Sains. Kata Kunci : Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Literasi Sains

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 31 Mar 2017 08:43
Last Modified: 31 Mar 2017 08:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item