EFEKTIFITAS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN 1 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

SUYANTO, (2013) EFEKTIFITAS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN 1 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SUYANTO_OK-min.pdf

Download (663kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SUYANTO: “EFEKTIFITAS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN 1 SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON”. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Pada dasarnya jiwa manusia dibedakan menjadi dua aspek, yakni aspek kemampuan (ability) dan aspek kepribadian (personality). Aspek kemampuan mengenai prestasi belajar, intelegensia, dan bakat; sedangkan aspek kepribadian meliputi watak, sifat, penyesuaian diri, minat, emosi, sikap, dan motivasi (Djaali:2008:1). Keberhasilan guru dalam menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswa. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai kegiatan belajar mengajar. Dengan penggunaan efektifitas pemanfaatan lingkungan sekolah ini diharapkan hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran dapat diminimalisir dan pada akhirnya siswa lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah (1). Mengetahui efektifitas pemanfaatan lingkungan sekolah di SMAN 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon (2). Mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Suranenggala kabupaten Cirebon (3). Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan pemanfaatan pembelajaran biologi dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah dengan kelas yang tidak menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai proses belajar mengajar di kelas X SMAN 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon (4). Mengetahui respon siswa dengan pembelajaran pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa angket, tes dan observasi. Populasi adalah seluruh siswa SMAN 1 Suranenggala Cirebon. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik kocok acak, kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis, untuk prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan efektifitas pemanfaatan lingkungan sekolah lebih baik dari siswa yang tidak menggunakan pembelajaran pemanfaatan lingkungan sekolah dengan Hasil penelitian yaitu perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Karena berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran diketahui bahwa proses belajar mengajar dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah sangatlah efektif digunakan belajar-mengajar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Efektifitas Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai proses belajar mengajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 03:01
Last Modified: 04 Apr 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item