PENGARUH KESADARAN MEREK DAN KESAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK ELZATTA (Studi Kasus Galeri Elzatta Cirebon)

Etin Rohaitin, (2015) PENGARUH KESADARAN MEREK DAN KESAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK ELZATTA (Studi Kasus Galeri Elzatta Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ETIN ROHAETIN MEPI 2015 (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan antar merek-merek lama dan kemunculan berbagai merek-merek baru yang meramaikan persaingan pasar khususnya untuk kategori produk hijab. Keputusan pembelian seseorang terhadap produk Elzatta ataupun produk lainnya selalu didasari oleh pengaruh kesadaran merek dan kesan kualitas. Kesadaran merek dan kesan kualitas dari produk Elzatta dapat mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian bahkan pembelian ulang pada produk tersebut. Adapun masalah penelitian ini adalah “apakah kesadaran merek dan kesan kualitas mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk Elzatta?”. Penelitian ini secara khusus menguji kesadaran merek, dan kesan kualitas terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merek dan kesan kualitas terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Elzatta. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan menggunakan teknik accidental sampling terhadap 67 orang responden. Sedangkan populasi yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan keputusan pembelian pada produk Elzatta. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujianhipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik tersebut diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y= 6.733 + 0.560X1 + 0.614 X2 Dimana variabel keputusan pembelian (Y), kesadaran merek (X1), dan kesan kualitas (X2). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa seluruh variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian. Hal ini juga dapat diketahui dari nilai R yang terdapat pada tabel model summary, yaitu sebesar 0,619. Artinya, kesadaran merek dan kesan kualitas memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Elzatta dengan kontribusi sebesar 61,9%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:18
Last Modified: 12 Jun 2017 04:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item