PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KESIAPAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII di MTs NEGERI GEGESIK

LALA ALAWIYAH, (2012) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KESIAPAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII di MTs NEGERI GEGESIK. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
lala alawiyah_58451077_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

LALA ALAWIYAH : “Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Minat Pembelajaran Matematika kelas VIII di MTs Negeri Gegesik” Setiap peserta didik menganggap pelajaran matematika sangat menyeramkan dan sulit untuk dipahami. Ini terlihat pada saat proses pembelajaran matematika berlangsung, siswa cenderung mengobrol dengan temannya dan tidak memperhatikan proses pembelajaran berlangsung. Sehingga peserta didik tidak paham dengan pelajaran tersebut, dan siswapun malas untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelajaran matematika dan berdampak pada nilai yang tidak memuaskan dan dibawah nilai standar. Maka dari itu sebaiknya peserta didik menumbuhkan rasa minat belajar dan mempersiapkan pelajaran yang besok akan dipelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar, dan kesiapan pembelajaran matematika dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajar terhadap kesiapan belajar matematika di MTs Negeri Gegesik. agar siswa diharapkan berminat dan mepersiapakan materi yang akan dipelajari esoknya agar siswa akan siap dalam belajar dan mempelajari matematika, ketika siswa telah berminat dalam pembelajaran tersebut maka siswa akan siap untuk mempelajari pelajaran tersebut. Dengan minat yang tinggi dari peserta didik, proses belajar juga akan efektif dan mampu menciptakan suasana yang kondusif. Maka dari itu sebaiknya siswa harus inisiatif sendiri untuk mempersiapkan pelajaran esok yang akan dibahas, sehingga siswapun akan siap dengan pelajaran tersebut khususnya matematika. Salah satu proses belajar mengajar disekolah adalah dengan adanya minat belajar dan kesiapan belajar siswa. Jika siswa berminat dengan pelajaran matematika, maka siswa akan belajar dan mempersiapkan pelajaran yang esok akan dibahas tanpa adanya paksaan dan dorongan dari orang lain. Sehingga jika siswa berminat dengan pelajaran tersebut maka siswapun akan siap untuk mempelajari belajar lebih lanjut dengan persiapan belajar yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Gegesik Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 134 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode survey yaitu yaitu metode yang digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan). peneliti mengambil kelas VIIIA yang berjumlah 34 siswa. Variabel bebas dalam dalam penelitian ini yaitu kesiapan belajar (X) dan variable terkatnya minat belajar (Y). Untuk pengumpulan data menggunakan angket-angket. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi, normalitas, dan homogenitas. Penelitian ini menyimpulkan tentang tiga hal: pertama, bahwa minat belajar siswa sebesar 77,33% maka dapat digolongkan tinggi. Yang kedua bahwa kesiapan belajar siswa sebesar 73,33 maka dapat digolongkan tinggi. Dan yang ketiga bahwa minat belajar menentukan atau mempengaruhi tinggi rendahnya kesiapan belajar siswa sebesar 32,8 %.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:27
Last Modified: 06 Jun 2017 06:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item