PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA BRI SYARIAH CABANG CIREBON

Ii Mandasari, (2015) PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA BRI SYARIAH CABANG CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
II MANDASARI (58320236).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bank berusaha lebih dekat dengan konsumen melalui berbagai macam pendekatan misalnya berbagai macam produk, layanan, promosi, hadiah dan membuka cabang dan unit baru yang letaknya mudah dijangkau oleh masyarakat. Strategi yang dilakukan oleh pihak manajemen bank untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsumen adalah pelayanan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada bank syariah di BRI Syariah Cabang Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampelnya adalah acara sederhana. Jumlah sampel sebanyak 50 dari total populasi 4.927 menggunakan rumus slovin. Instrument penelitian ini berupa kuesioner. Pengujian instrument menggunakan regresi linier berganda dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh positif dan signifikansi terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada BRI Syariah Cabang Cirebon adalah kualitas pelayanan dengan tingkat kesalahan sebesar 5% atau 0,05 yang mempunyai nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai thitung (3,306) > dari ttabel (2,011) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan faktor promosi memiliki nilai signifikansi 0,085 > 0,05 yang artinya tidak signifikansi dan Ho diterima. Sementara itu thitung (1,759) < ttabel (2,011) yang berarti tidak signifikan. Sedangkan koefisien determinan (R Square) sebesar 0,415 atau 41,5% maka pengaruh promosi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah untuk menabung adalah sebesar 41,5%. Sedangkan sisanya sebesar 58,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Nasabah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:30
Last Modified: 12 Jun 2017 04:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item