PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN ORAL TEST PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 8 CIREBON

Lastri Rosmantika., (2013) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN PENILAIAN PORTOFOLIO DENGAN ORAL TEST PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP NEGERI 8 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LASTRI ROSMANTIKA_58451025_ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lastri Rosmantika. NIM 58451025. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Penilaian Portofolio Dengan Oral Test Pada Pokok Bahasan Bangun RuangKubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 8 Cirebon. Institut AgamaIslam Negeri, November 2012. Penilaian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian prestasi belajar siswa. Proses penilaian selama ini umumnya masih bersifat penilaain yang berpusat pada guru yang belum mengembangkan aktifitas positif siswa yang mendukung proses penilaian. Salah satu alternatif penilaian yang dapat meningkatkan aktivitas positif dan prestasi belajar siswa adalah penilaian portofolio, dimana penilaian ini menggambarkan hasil pekerjaan siswa setelah dikoreksi kemudian didokumentasikan sebagai bahan acuan bagi siswa. Selain penilaian portofolio terdapat oral test dimana penilaian yang dilakukan secara lisan face to face antara guru dan siswa. Di SMPN 8 Cirebon penilaian yang dilakukan selalu secara tertulis sedangkan oral test sangat jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa yang menggunakan penilaian portofolio, mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa yang menggunakan oral test serta mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa antara yang menggunakan penilaian portofolio dengan oral test. Pelaksanaan prestasi belajar bisa dilakukan dengan berbagai macam teknik, baik secara portofolio maupun oral test. Namun yang membedakan hanya cara pelaksanaannya saja dimanates pada teknik portofolio dilakukan secara tertulis disajikan dalam lembar soal kemudian testi menjawab soal tersebut dalam lembar jawaban,selanjutnya didokumentasikan. Sedangkan oral test disajikan dalam bentuk pertanyaan langsung diucapkan atau secara lisan dan testi menjawab secara lisan pula namun testi diberikan waktu untuk berfikir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen. Untuk pengumpulan data penunjang penelitian maka peneliti menggunakan pula metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan telaah dokumen. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh skor rata-rata pre test kelompok 1 (penilaian portofolio) sebesar 34.307, skor rata-rata post test kelompok 1 (penilaian portofolio) sebesar 68.051. Pada kelompok 1 (penilaian portofolio) mengalami peningkatan prestasi belajar sebesar 33.744. Sedangkanskor rata-rata pre test kelompok 2 (oral test) sebesar 32.282 dan skor rata-rata post test kelompok 2(oral test) sebesar 60.026. Pada kelompok 2 (oral test) mengalami peningkatan prestasi belajar sebesar 27.744. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung yaitu 2,827 dan nilai ttabel yaitu 1,505 dengan tingkat kepercayaan 0,05. Ini berarti thitung>ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara prestasi belajar matematika yang menggunakan penilaian portofolio dengan menggunakan oral test Key word : Prestasi belajar, penilaian portofolio dan oral test.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 01:31
Last Modified: 12 Jun 2017 01:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1544

Actions (login required)

View Item View Item