PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 7 Kota Cirebon

Lita Lestari, (2013) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 7 Kota Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LITA LESTARI (59451077)_OK.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Lita Lestari: “Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Pemahaman Matematis melalui Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 7 Kota Cirebon)” Sebagian besar siswa masih menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit, dan membosankan. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan pendekatan, strategi atau model yang kurang tepat. Siswa selain dituntut pemahaman matematisnya, diharapkan juga bisa mengeksplor kemampuan berpikir kreatif matematisnya. Namun faktanya kemampuan berpikir kreatif matematis dan pemahaman matematis siswa di SMP N 7 Kota Cirebon masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis dan pemahaman matematis antara yang menggunakan pendekatan Open-ended dengan yang tidak menggunakan pendekatan Open-ended. Serta mengkaji pengaruh langsung pendekatan Openended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, mengkaji pengaruh langsung kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap pemahaman matematis, dan mengkaji pengaruh langsung dan tidak langsung pendekatan Open-ended terhadap pemahaman matematis. Penggunaan pendekatan Open-ended merupakan suatu inovasi pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk aktif dan kreatif dalam berpikir menyelesaikan suatu permasalahan dengan multijawaban yang benar. Serta dalam proses penyelesaian masalah dibutuhkan pemahaman yang baik, agar permasalahan yang diberikan bisa diselesaikan dengan mudah dan tepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 7 Kota Cirebon tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 358 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini secara acak mengambil kelas VIII C (kelas kontrol) dan VIII D (kelas eksperimen) masing-masing berjumlah 40 siswa. Untuk pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t (uji dua rata-rata) dan analisis jalur dengan uji prasyarat yaitu indeks gain, uji normalitas, dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian, didapat nilai signifikan berpikir kreatif matematis (0,000) dan pemahaman matematis (0,001) < 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis dan pemahaman matematis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol di SMP N 7 Kota Cirebon. Dan terdapat pengaruh secara langsung penggunaan pendekatan Openended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis sebesar 83,2%. Terdapat pengaruh langsung kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap pemahaman matematis sebesar 23,3%. Terdapat pengaruh langsung penggunaan pendekatan Open-ended terhadap pemahaman matematis sebesar 25,6%. Dan pengaruh secara tidak langsung penggunaan pendekatan Open-ended terhadap pemahaman matematis sebesar 44,1%. Serta terdapat pengaruh diluar pemahaman siswa dinyatakan oleh variabel residu sebesar 6,7 %. Kata kunci: Pendekatan Open-ended, Berpikir Kreatif Matematis, Pemahaman Matematis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 01:53
Last Modified: 12 Jun 2017 01:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item