PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MODEL KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL

Mohamad Solehudin, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MODEL KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MOHAMAD SOLEHUDIN_58451083_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mohamad Solehudin. Nim 58451083 Pengaruh Pengunaan Alat Peraga Model Kartu terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Al-Ikhlas Setupatok Kabupaten Cirebon).Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Desember 2012. Nim 58451083 Pengaruh Pengunaan Alat Peraga Model Kartu terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Al-Ikhlas Setupatok Kabupaten Cirebon).Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Desember 2012 Dalam sebuah pembelajaran khususnya matematika, masih banyak guru yang menggunakan paradigma pembelajaran lama, yaitu guru lebih mendominasi pembelajaran maka pembelajaran cenderung monoton sehingga kurang meningkatkan hasil belajar siswa.Setelah pembelajaran matematika kebanyakan siswa lupa dengan materi yang sudah dipelajari terutama dalam mengingat rumus.Karena, siswa terbiasa dengan menghafal rumus bukan memahami konsep perhitungannya atau mencoba mengembangkan diri melalui bantuan alat peraga yang memberinya pengalaman langsung. Tujuan dari penelitian ini yaituingin mengetahui pengaruh positif penggunaan alat peraga model kartu terhadap hasil belajar matematika siswa, dan mengetahui respon siswa atas penggunaan alat peraga model kartu dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Alat peraga model kartu adalah alat peraga yang dibuat dari kertas asturo atau triplek, yang dibentuk menjadi kartu, digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep persamaan linier satu variabel sehingga hasil belajar siswa akan lebih meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan soal tes. Subjek eksperimen dalam penelitian ini adalah dua kelompok siswa yang diambil dari dua kelas dari lima kelas yang sudah terbentuk. Kemudian, ditentukan secara random kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen yang dalam pembelajarannya menggunakan alat peraga model kartudan kelas yang dijadikan sebagai kelas kontrol yang dalam pembelajarannya tanpa alat peraga. Dengan alasan kedua kelas tersebut memiliki rata-rata nilai akademik hampir sama, jumlah siswa sama banyaknya. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data menggunakan bantuan software SPSS 16, diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 70,375% dengan nilai minimum 40 dan nilai maksimum 90 sedangkan nilai rata-rata post tes pada kelas kontrol 58,625 % dengan nilai minimum 30 dan nilai maksimum 90. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa yang dalam pembelajarannnya menggunakan alat peraga model kartu lebih baik dibanding yang tidak menggunakan alat peraga. Dan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data diperoleh t hitung 3,977 dengan probabilitas 0,000 < 0,05, Artinya kedua rata-rata post tes kelas eksperimen dan rata-rata post tes kelas kontrol benar-benar berbeda, atau tidak ada bukti statistik yang bisa menyatakan bahwa nilai rata-rata post tes kelas eksperimen sama dengan nilai rata-rata post tes kelas kontrol. Dan nilai rata-rata post tes kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol Dan perbedaannya berkisar antara 5,868% dan 17,632%, dengan perbedaan rata-rata 11,75%. Kata kunci : Alat peraga model kartu, hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 02:56
Last Modified: 12 Jun 2017 02:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item