PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan)

Nono Wartono, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
nono wartono_58451087_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nono Wartono : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. (Penelitian di kelas VIII SMP Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Kuningan) Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, pada umumnya guru menggunakan model pembelajaran langsung yang kurang melibatkan siswa secara aktif dan kurang meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Salah satu model pembelajaran yang dipandang dapat membiasakan siswa menggunakan kemampuan berfikir kreatif adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan berfikir kreatif matematik yang dioperasionalkan dengan kemampuan berfikir kreatif matematik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasawahan tahun pelajaran 2011/2012 yang terbagi menjadi 5 kelas. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling yaitu peneliti mengambil secara acak satu kelas dari lima kelas yang ada. Peneliti mengambil kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data hasil angket dan data hasil tes dari kelas eksperimen. Adapun untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji independent dan kelinieran regresi, uji korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Keterampilan berpikir kreatif siswa secara keseluruhan menujukkan pada kategori yang baik. Hal ini terlihat dari perolehan persentase sebesar 69,0 % dari skor ideal, dengan nilai rata-rata tes sebesar 69,0 dan standar deviasi sebesar 6,51. Persepsi siswa kelas VIII C SMP Negeri Pasawahan mengenai penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) termasuk dalam kategori yang cukup baik. Hal ini terlihat dari hasil klasifikasi skor angket persepsi siswa mengenai penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) termasuk dalam kategori yang cukup baik yaitu sebanyak 17 siswa mendapat skor angket antara 64 – 75 dengan prosentase 45,9 %. Dengan demikian siswa kelas VIII SMP Negeri Pasawahan mempunyai persepsi mengenai penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) yang cukup baik. Berdasarkan hasil pengujian regresi diperoleh koefisien korelasi ( r ) = 0,907 yang termasuk dalam kategori yang sangat kuat dan koefisien determinasi ( r2 ) = 0,823 atau 82,3 % . Hasil tersebut menunjukkan adanya korelasi antara persepsi siswa mengenai penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:02
Last Modified: 07 Jun 2017 01:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item