PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII MTs NEGERI CIREBON II KABUPATEN CIREBON

NOPILAH, (2013) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII MTs NEGERI CIREBON II KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Nopilah_OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

NOPILAH. NIM 59451138: “Pengaruh Disiplin Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII MTs Negeri Cirebon II Kabupaten Cirebon”. Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Oktober 2013. Pelajaran Matematika merupakan pelajaran yang dianggap paling sulit oleh sebagian siswa. Berdasarkan survey dilapangan, nilai Matematika yang kurang baik disebabkan karena Matematika dipandang terlalu banyak rumus, banyak hitung-hitungan dan pelajaran yang sifatnya abstrak. Selain itu, sikap siswa juga merupakan salah satu indikator adanya masalah dalam proses belajar. Sikap tersebut adalah mengenai disiplin belajar siswa. Disiplin belajar ini merupakan salah satu cara yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplin belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar: Kubus dan Balok, dimana tujuan akhirnya adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar: Kubus dan Balok di kelas VIII MTs Negeri Cirebon II Kabupaten Cirebon. Disiplin belajar adalah kesadaran diri seseorang yang menunjukkan ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturan atau tata tertib yang telah ada dan dilakukan dengan senang hati dan kesadaran diri untuk mengendalikan atau mengontrol dirinya untuk sungguh-sungguh dalam belajar. Dari pendapat tersebut dapat diasumsikan bahwa disiplin belajar siswa dalam proses belajar mengajar, sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan demikian hasil belajar siswa dapat berdampak positif apabila siswa itu sendiri mempunyai kesadaran atas tanggung jawab pribadi dan keyakinan bahwa belajar adalah untuk kepentingan diri sendiri, dilakukan sendiri dan tidak menggantungkan nasib pada orang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Negeri Cirebon II Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 6 kelas dengan jumlah 225 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik sampling yang digunakan peneliti jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII D yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukkan nilai thitung sebesar 2,70 serta signifikansi 0,01 < 0,05 karena nilai sig. < 0,05 dengan demikian H0 di tolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar juga baik yaitu 69,17. Dari hasil pengujian nilai koefisien determinasi sebesar 18,6% maka dapat diartikan bahwa variable disiplin belajar memberikan konstribusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 18,6%, kelinieran regresi pada anova, nilai F=7,32 dengan nilai signifikan sebesar 0,01. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis regresi linear diterima dengan persamaan regresi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:07
Last Modified: 12 Jun 2017 02:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item