PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA COMPACT DISC(CD) INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPATKELAS VII (Studi Eksperimen di Kelas VII SMPN 1 Ciwaringin)

NOVI NURMAYANTI, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA COMPACT DISC(CD) INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPATKELAS VII (Studi Eksperimen di Kelas VII SMPN 1 Ciwaringin). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
novi nurmayanti_58451121_ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

NOVI NURMAYANTI: “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Compact Disk (CD) Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pokok Bahasan Segiempat Kelas VII (Studi Eksperimen di Kelas VII SMPN 1 Ciwaringin)” Dalam memahami konsep-konsep pada materi pelajaran yang bersifat abstrak, siswa masih merasa kesulitan. Pembelajaran Problem Solving dapat mendorong siswa bekerjasama sehingga lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan ide yang dimiliki. Compact Disk (CD) Interaktif juga dapat menjelaskan konsep yang abstrak menjadi lebih konkrit. Segiempat merupakan salah satu materi yang bersifat abstrak. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving berbantuan media Compact disk (CD) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pokok segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam model pembelajaranProblem Solving berbantuan media Compact disk (CD) dapat mencapai ketuntasan belajar, serta apakah kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa dalam model pembelajaranProblem Solving dengan media Compact disk (CD) pada materi pokok segiempat lebih baik daripada pembelajaran Problem solving. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Ciwaringin tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 2 kelas dengan 80 siswa. Sedangkan sampel diambil secaraRandom Samplingyaitu kelas VII-A yang menggunakan pembelajaran Problem Solving dengan jumlah siswa 40 dan kelas VII-B yang menggunakanmodel Pembelajaran Problem Solving berbantuan media Compact disk (CD) interaktif. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa dengan menggunakan uji statistik analisis regresi. Berdasarkan tabel menunjukkan regresi yang dicari nilai sig. Dari konstanta = 0,005 < 0,05 dan nilai sig. variabel X nya sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian persamaan yang tepat untuk kedua variabel tersebut adalah Ŷ = 0,768 + 4,128 X. Dari persamaan tersebut jika tanpa pengguanaan Compact Disc (CD) interaktif maka keaktifan siswa sebesar 0,768 dan koefisien regresi sebesar 4,128 menyatakan bahwa setiap penambahan (peningkatan) maka akan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebesar 4,128 dan hasil nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,81998. Artinya 81,998% dapat dijelaskan oleh aktivitas peserta didik melalui hubungan linear persamaan Ŷ = 0,768 + 4,128 X, sisanya ditentukan oleh faktor. Sedangkan dari uji hipotesis didapat bahwa thitung> ttabel yaitu 3,964511 > 1,667 yang artinya bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan CD interaktif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang tidak menggunakan CD interaktif

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:11
Last Modified: 12 Jun 2017 02:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item