PENGARUH KECEMASAN DAN KEBIASAAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA

Nunung Nuriyah, (2013) PENGARUH KECEMASAN DAN KEBIASAAN BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NUNUNG NURIYAH_59450992_ok.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Nunung Nuriyah, Pengaruh Kecemasan dan Kebiasaan Belajar Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kemampuan pemahaman matematik merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Sayangnya, terdapat beberapa siswa di SMP Negeri 2 Cirebon yang kemampuan pemahaman matematikanya rendah. Selain itu, terdapat siswa yang mendapatkan hasil ulangan yang rendah karena memiliki kecemasan matematika padahal kebiasaan belajarnya baik. Hal ini yang menjadi permasalahan dalam penelitian penulis. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kondisi kecemasan dan kebiasaan belajar matematika siswa SMPN 2 Cirebon, mengetahui besarnya pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman matematika, pengaruh kebiasaan belajar matematika terhadap kemampuan pemahaman matematika, dan pengaruh kecemasan dan kebiasaan belajar matematika secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman matematika. Idealnya jika kecemasan matematika dapat diimbangi dengan kebiasaan belajar yang baik maka kemampuan pemahaman matematika dapat meningkat. Sehingga diduga terdapat pengaruh antara kecemasan dan kebiasaan belajar matematika terhadap kemampuan pemahaman matematika. Penelitian ini menggunakan metode expostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cirebon, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu pada kelas VIII-B dengan 45 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah kecemasan matematika, kebiasaan belajar matematika, dan kemampuan pemahaman matematika. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kecemasan matematika menunjukan kriteria cukup tinggi, yakni sebesar 57,54%, rata-rata sebesar 51,3122 dan simpangan bakunya sebesar 10,50624; kebiasaan belajar menunjukan kriteria cukup baik yaitu sebesar 55,31%, rata-rata sebesar 55,212 dan simpangan bakunya sebesar 9,3689; kemampuan pemahaman matematika menunjukan kriteria cukup baik yaitu sebesar 52,58% pada pencapaian indikator kemampuan pemahaman matematika. dengan rata-rata sebesar 48,71 dan simpangan baku sebesar 22,938; terdapat besarnya pengaruh kecemasan dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman matematika adalah 19,90% dengan kontribusi pengaruh kecemasan matematika sebesar 19,19% dan kebiasaan belajar sebesar 0,071 %. Persamaan regresi linier ganda Y =101,559−0,995X1− 0,032X2. Kata Kunci : Kecemasan, Kebiasaan Belajar, Kemampuan Pemahaman Matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:21
Last Modified: 12 Jun 2017 02:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1580

Actions (login required)

View Item View Item