PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 WALED KABUPATEN CIREBON

TITI LESTARI, (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI 1 WALED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
TITI LESTARI_59461179_OK-min.pdf

Download (635kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Proses pembelajaran hingga sekarang ini guru kurang memperhatikan penggunaan model pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi monoton, akibatnya siswa merasa bosan, kurang aktif, dan kurang memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikir. Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), berpotensi meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Melalui penerapan model pembelajaran ini, aktivitas dalam pembelajaran lebih didominasi oleh kegiatan siswa (student center). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, 2) Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang diterapkan model Problem Based Instruction dan yang tidak diterapkan model Problem Based Instruction pada sub konsep pencemaran lingkungan, 3 ) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada sub konsep pencemaran lingkungan. Metode penelitian adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian pretest postest control group design. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes keterampilan berpikir kritis siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yakni kelas X-3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 siswa, dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Hasil keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari hasil pretest postest dan N-Gain. Nilai N-Gain dikelas eksperimen (0,67) lebih besar dibandingkan nilai N-Gain kelas kontrol (0,28). Setelah analisis data, sebaran data normal dan homogen, maka untuk uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample Test, Hasil uji Independent Sample Test menunjukan Sig. (2-tailed ) 0.00 berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Respon siswa terhadap penerapan Problem Based Instruction termasuk ke dalam kriteria sangat baik dan baik maka dengan demikian siswa memberikan respon yang sangat positif. Kata Kunci : Model Problem Based Instruction ( PBI ), Keterampilan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 05:42
Last Modified: 04 Apr 2017 05:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item