PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIK SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon)

NURIKA ULFAH, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIK SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURIKAH ULFAH_OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

NURIKA ULFAH : NIM. 59451087. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Statistik Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon)”. Salah satu keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran. Banyak siswa kesulitan dan mengikuti pelajaran karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat, sehingga siswa kurang mengembangkan keaktifan dan kreatifitas siswa. Kemampuan berpikir statistik siswa belum dapat dibangun pada pembelajaran matematika. Salah satu cara untuk mengembangkan berpikir statistik siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT, untuk mengetahui kemampuan berpikir statistik siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT, dan untuk mengetahui pengaruh positif pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran NHT terhadap kemampuan berpikir statistik siswa. Pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah suatu model pembelajaran berkelompok, dalam proses pembelajarannya setiap siswa dalam satu kelompok mendapatkan nomor masing-masing yang berbeda. Sedangkan kemampuan berpikir statistik (statistical thinking) adalah suatu kemampuan untuk mengerti proses statistik secara keseluruhan diantaranya proses pengambilan data, pembuatan kuesioner, menentukan variabel, dan kemampuan menjawab permasalahan yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTs An-Nur Cirebon tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 106 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling yaitu peneliti mengambil secara acak satu kelas dari tiga kelas yang ada. Peneliti mengambil kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Adapun untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independen dan kelinieran regresi, uji koefisien regresi, uji kebaikan model dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran NHT dalam kategori baik dengan skor rata – rata sebesar 76,15 dan kemampuan berpikir statistik siswa termasuk dalam kategori baik dengan skor rata – rata sebesar 72,65. Berdasarkan uji statistik pada taraf signifikansi α = 5 % atau 0,05 diperoleh thitung = 6,753 dan ttabel = 2,042. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, maka berdasarkan kriteria uji Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir statistik siswa sebesar 60,3 % dan sisanya 39,7 % adalah faktor lain yang mempengaruhi kemampuan berpikir statistik. Kata Kunci : Kooperatif, NHT, Berpikir, Statistik

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:07
Last Modified: 12 Jun 2017 02:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item View Item