PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTsN Karangkendal)

NURWATI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTsN Karangkendal). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURWATI_58451034_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

NURWATI : PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperrimen di kelas VIII MTsN Karangkendal) Dalam kegiatan belajar mengajar, guru dituntut untuk mampu menyajikan materi pelajaran dengan optimum. Oleh karena itu diperlukan kreatifitas, dan gagasan yang baru untuk mengembangkan cara penyajian materi pelajaran di sekolah. Kreativitas yang dimaksud adalah kemampuan seorang guru dalam memilih metode, pendekatan, dan media yang tepat dalam penyajian materi pelajaran.Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasanya disebut media pembelajaran. Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan adalah modul pembelajaran, media pembelajaran ini diharapkan dapat memperlancar proses kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat menghasilkan hasil belajar siswa yang lebih baik. Tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran matematika di MTsN Karangkendal. (2) Mengetahui hasil belajar siswa di kelas VIII MTsN Karangkendal setelah menggunakan modul. (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan modul terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII MTsN Karngkendal. Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan (BP3KK) Departemen P dan K , modul dapat dirumuskan sebagai suatu unit yang lengkap yang berdiri sendiri dan terdiri atas sesuatu rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu siswa mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas (spesifik dan operasional). Menurut Mulyono Abdurahman hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Hasil belajar juga dapat diartikan hasil usaha yang dicapai dari usaha yang maksimal yang dikerjakan seseorang setelah mengalami proses belajar mengajar atau setelah pengetahuan dan akan menimbulkan perubahan tingkah laku yang bersifat relatif menetap dan tahan lama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Karangkendal Kabupaten Cirebon yang berjumlah 266 siswa dengan sampel sebanyak satu kelas VIII F yang diambil secara Purposive Sample, dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan strata, random atau daerah. Variabel penelitian adalah penggunaan modul dan hasil belajar siswa. Data hasil angket sebagai variabel X dan hasil tes sebagai variabel Y. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa nilai rata-rata hasil angket penggunaan modul siswa sebesar 72,9 sedangkan nilai hasil belajar siswa sebesar 55. Setelah dilakukan uji coba hipotesis dengan = 0,05, diperoleh bahwa ada pengaruh penggunaan modul pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada pembahasan garis singgung lingkaran dengan koefisien determinasi sebesar 70,56%. Ini berarti besarnya informasi hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada pembahasan garis singgung lingkaran dengan menggunakan modul pembelajaran sebesar 70,56, sedangkan sisanya 29,44 disebabkan oleh faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:15
Last Modified: 12 Jun 2017 02:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item