PENGARUH RESPON SISWA PADA METODE PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA PADA POKOK BAHASAN BALOK DAN KUBUS DI MTsN CIREBON II KABUPATEN CIREBON

NURYADI, (2013) PENGARUH RESPON SISWA PADA METODE PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA PADA POKOK BAHASAN BALOK DAN KUBUS DI MTsN CIREBON II KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Nuryadi 59450995_OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

NURYADI : PENGARUH RESPON SISWA PADA METODE PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA PADA POKOK BAHASAN BALOK DAN KUBUS DI MTsN CIREBON II KABUPATEN CIREBON Pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan proses pembelajaran didominasi penyampaian informasi oleh guru, bukan pada pemrosesan informasi yang diterima oleh siswa sehingga pembelajaran kurang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan menunjukkan kemampuan yang beragam sehingga belum tercipta suasana yang demokratis. Akibatnya siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang diharapkan mampu meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran matematika adalah dengan penggunaan metode pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) yang diharapkan juga mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baik tidaknya respon siswa terhadap metode pembelajaran TAI, baik tidaknya kemandirian siswa yang menggunakan metode pembelajaran TAI dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran TAI terhadap kemandirian siswa kelas VIII B MTsN Cirebon II. Metode pembelajaran kooperatif tipe TAI adalah metode pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran individu dengan pembelajaran kelompok dengan menitik beratkan pada percepatan pengajaran tim. Tahapan pembelajarannya yaitu: tes penempatan dan pembentukan kelompok, belajar secara individu, belajar kelompok, tes, dan penghargaan kelompok. Setiap siswa harus bertanggung jawab karena perolehan skor kelompok didapat dari masing-masing individu Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitiannya menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Cirebon II yang berjumlah 241 siswa, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan mengambil satu kelas dari enam kelas yaitu kelas VIII B yang berjumlah 39 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket. Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Dari hasil penelitian, setelah dilakukan pengolahan data dengan menggunakan bantuan program SPSS diperoleh hasil bahwa respon siswa terhadap Metode Pembelajaran TAI nilai rata-rata angket sebesar 78,88 sedangkan nilai ratarata skor angket kemandirian belajar siswa adalah 81,31. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan α = 0,05, diperoleh koefisien determinasi dalam uji kebaikan model sebesar 29,6% sedangkan sisanya 70,4% ditentukan oleh faktor lain. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah = 36,786 + 0,568X artinya setiap ada kenaikan respon siswa pada metode pembelajaran TAI, maka nilai kemandirian belajar siswa akan meningkat sebesar 0,568. Sedangkan untuk hasil uji t diperoleh thitung sebesar 3,943 sedangkan ttabel sebesar 2,026 pada taraf signifikansi α = 0,05. Karena thitung > ttabel , kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh respon metode pembelajaran TAI terhadap kemandirian siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:20
Last Modified: 12 Jun 2017 02:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item