PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA KOMIK DAN AUDIO-VISUAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII SMPN I JATITUJUH

Nurhasanah, (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA KOMIK DAN AUDIO-VISUAL PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII SMPN I JATITUJUH. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURHASANAH_59461204-OK-min.pdf

Download (832kB) | Preview

Abstract

Nurhasanah: Perbandingan Hasil Belajar Siswa antara Siswa yang Melalui Pembelajaran dengan Media Komik dan Audio-Visual pada Pokok Bahasan Sistem Gerak Manusia Kelas VIII SMPN I Jatitujuh Kerumitan bahan ajar yang disampaikan semakin membuat siswa kurang tertarik membaca buku pelajaran. Kehadiran media pembelajaran memberikan motivasi dan antusias siswa seperti halnya komik yang digemari anak-anak, dikarenakan komik memiliki alur cerita yang teratur memudahkan untuk diingat kembali. Disamping itu, untuk mempermudah proses pembelajaran guru dituntut untuk menggunakan media lain seperti audio-visual pembelajaran, sehingga siswa dapat mengenal secara langsung melalui media audio-visual pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan komik pembelajaran, b) hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan audio-visual, c) perbandingan hasil belajar siswa antara yang melalui media komik dan audiovisual, d) respon siswa melalui penggunaan komik pembelajaran dan media audiovisual pembelajaran pada pokok bahasan sistem gerak manusia kelas VIII SMPN I Jatitujuh. Media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran, perlu kiranya dikembangkan suatu tindakan berupa penerapan media visual berupa komik pembelajaran dan media audio-visual pembelajaran agar menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak jenuh dan bosan selama kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Control Group Pre-test Post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang menggunakan komik pembelajaran dan kelas eksperimen 2 yang menggunakan media audio-visual pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa: 1) Rata-rata peningkatan hasil belajar nilai N-Gain siswa kelas eksperimen 1 sebesar 0,51 dengan kriteria sedang, dan rata-rata N-Gain siswa kelas eksperimen 2 sebesar 0,35 dengan kriteria sedang. 2) berdasarkan uji statistic hasil uji normalitas berdistribusi tidak normal, uji homogenitas berdistribusi tidak homogen, dan uji hipotesis diterima artinya terdapat peningkatan hasil belajar antara yang menggunakan komik pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual pembelajaran. Dimana penggunaan komik pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan media audiovisual pembelajaran 3) respon siswa terhadap penggunaan komik pembelajaran dan media audio-visual pembelajaran termasuk dalam katagori kuat, siswa menunjukan sikap yang positif terhadap penggunaan komik pembelajaran dan media audio-visual pembelajaran. Kata kunci: komik pembelajaran, media audio-visual pembelajaran, sistem gerak manusia

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:50
Last Modified: 04 Apr 2017 06:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item