PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Siswa di Kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Cirebon)

POPI INDRIANI, (2013) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Siswa di Kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
POPI INDRIANI (59451037)_OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

POPI INDRIANI. PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Eksperimen Siswa di Kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Cirebon). Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Jurusan Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Agustus 2013. Pengajaran matematika menuntut siswa menunjukkan sikap yang aktif, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab. Hal ini sesuai dengan teori belajar Piaget yang menyatakan bahwa pembelajaran harus memfokuskan pada proses berpikir anak, ada keterlibatan aktif anak-anak dalam pembelajaran, tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak ditemukan siswa yang tidak berani bertanya apalagi untuk mengemukakan pendapatnya saat belajar matematika di kelas, hal ini bisa disebabkan karna pembelajaran yang berlangsung di kelas masih berpusat pada guru (Teacher Centered) sehingga siswa di kelas cenderung pasif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan pendekatan Reciprocal Teaching, menjelaskan ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan untuk menggambarkan respon siswa terhadap penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menuntut siswa untuk berpikir. Matematika juga diartikan sebagai suatu bidang ilmu yang merupakan alat pikir untuk memecahkan berbagai persoalan. Untuk memecahkan suatu persoalan matematika tidak hanya membutuhkan kemampuan mengingat saja namun membutuhkan kemampuan lain seperti kemampuan berpikir kritis. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered) yaitu pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Cirebon. Peneliti mengambil dengan cara cluster random sampling, dan yang terpilih adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelasnya berjumlah 36 siswa. Data hasil instrumen kemudian dianalisis menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann Withney. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dihitung pula nilai effect size yang menggunakan rumus d Cohen. Kemudian melengkapi uji Mann-Withney digunakan pula analisis regresi dengan menggunakan variabel dummy. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai dari d Cohen sebesar 2,21 yang berarti penerapan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dari pada menggunakan pendekatan konvensional yakni pendekatan Teacher Centered. Selain itu ditunjukkan pula besarnya pengaruh oleh hasil pengujian nilai koefisien determinasi sebesar 55,7%, sedangkan sisanya 44,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi proses pembelajaran. Adapun persamaan regresi variabel Dummy adalah Ŷ = 60,06 + 19,54 X. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Pendekatan Reciprocal Teaching, Berpikir Kritis KATA PENGANTAR Bismillahirrohmaanirrohiim

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:13
Last Modified: 12 Jun 2017 02:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item