PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERMUATAN IMTAQ DENGAN MODEL ADDIE PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

NUR FORTIANA, (2013) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERMUATAN IMTAQ DENGAN MODEL ADDIE PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NUR FORTIANA_OK-min.pdf

Download (709kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

NUR FORTIANA :“Pengembangan Modul Biologi Bermuatan IMTAQ dengan Model ADDIE pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mempesiapkan kualitas pendidikan yang cerdas dan berakhlak baik. Selain itu, Dalam suatu proses belajar mengajar, Guru masih menggunakan bahan ajar yang telah disediakan di sekolah, Sehingga belum dikembangkanya bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuannya untuk megembangkan Modul Biologi bermuatan IMTAQ dengan Model ADDIE dan diukur keefektifannya dalam pembelajaran. Modul adalah sebuah bahan ajar yang disusun secara sistematis agar mereka dapat belajar sendiri dengan bantuan atau bimbingan yang minimal dari pendidik. IMTAQ merupakan wahana yang dapat menciptakan generasi beriman dan berilmu yang mampu bersaing dan beriman kepada Allah SWT. Metode penelitian yang dikembangkan dengan model ADDIE, yang terdiri atas 5 tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul biologi bermuatan IMTAQ memiliki karakteristik sebagai berikut: Disajikan suatu refleksi diri, refleksi sikap, refleksi hadits, refleksi ayat Al-Quran, Info muslim, info sains, info hadits, renungan diri, dan Istilah biologi. Hasil belajar siswa setelah menggunakan modul (1) ujicoba terbatas rata-rata peningkatan N-Gain 0,58, (2) ujicoba eksperimental, kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol, dengan rata-rata peningkatan N-Gain kelas eksperimen 0,63 berbanding 0,53. Respon siswa terhadap modul biologi bermuatan IMTAQ diperoleh sebesar 86% termasuk kedalam kategori sangat Kuat. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan Modul Biologi Bermuatan IMTAQ sangat efektif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Bahan ajar Modul, IMTAQ, Model ADDIE.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:13
Last Modified: 04 Apr 2017 07:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item View Item