PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE CAPTIVATE UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPN 6 KOTA CIREBON

NELI DWIARTI, (2013) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE CAPTIVATE UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPN 6 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NELI DWIARTI_OK-min.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

NELI DWIARTI : “Penggunaan Media Pembelajaran Adobe Captivate untuk Menumbuhkan Keterampilan Generik Sains Siswa pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Makhluk Hidup Kelas VII Di SMPN 6 Kota Cirebon.” Penelitian ini dilatar belakangi adanya keterampilan generik sains siswa yang masih rendah. Rendahnya keterampilan generik siswa dipengaruhi banyak faktor, salah satunya yaitu proses pembelajaran kurang menggunakan media yang bervariasi. Karena hal tersebut penulis menerapkan penggunaan media pembelajaran Adobe Captivate untuk menumbuhkan keterampilan generik siswa. Kemampuan generik yang dikaji dalam penelitian ini meliputi pemodelan, pengamatan tidak langsung, kerangka logika, dan abstraksi. Penggunaan media Adobe Captivate ini digunakan untuk tujuan peningkatan pemahaman materi pelajaran. Melalui pembelajaran menggunakan media Adobe Captivate, kemampuan generik siswa dapat ditumbuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengunaan media pembelajaran Adobe Captivate dalam menumbuhkan keterampilan generik siswa. Untuk mengkaji perbedaan keterampilan generik siswa pada pembelajaran biologi materi keanekaragaman makhluk hidup antara pengunaan media pembelajaran Adobe Captivate dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media. Juga untuk mengkaji respon siswa terhadap pengunaan media pembelajaran Adobe Captivate di kelas VII SMP Negeri 6 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan angket serta pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas sebaran data berdistribusi normal dan homogen, data hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample Test. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran adobe captivate dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran. Ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran adobe captivate dapat menumbuhkan keterampilan generik sains siswa. Siswa merespon positif terhadap pengunaan media pembelajaran Adobe Captivate hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi hasil pengisian angket yang menunjukkan nilai interpretasi skor sebesar 60% dengan kategori sangat kuat. Kata Kunci : Media Adobe captivate, Keterampilan Generik Sains

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:19
Last Modified: 04 Apr 2017 07:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item