PENGEMBANGANMODUL PEMBELAJARANBERBASIS SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI,MASYARAKAT DAN ISLAM (SALINGTEMASIS)DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X DI SMA NU (NADHATUL ULAMA) LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON

MUHAMAD TAUFIK ADITIA, (2013) PENGEMBANGANMODUL PEMBELAJARANBERBASIS SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI,MASYARAKAT DAN ISLAM (SALINGTEMASIS)DALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X DI SMA NU (NADHATUL ULAMA) LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUHAMAD TAUFIK ADITIA_59461248_OK-min.pdf

Download (847kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

M. TAUFIK. A : PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, MASYARAKAT DAN ISLAM (SALINGTEMASIS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X DI SMA NU (NADHATUL ULAMA) LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON ". Pengembangan modul pembelajaran berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis) merupakan bagian dari pembelajaran yang mengaitkan lingkungan sekitar dengan nilai – nilai Islam menjadi tak terpisahkan dari dampak pembelajaran tentang ekosistem. Pemilihan bahan ajar yang meliputi cara penentuan jenis materi, kedalam ruang lingkup, urutan penyajiannya, perlakuan terhadap materi pembelajaran, memiliki rambu – rambu pemilihan dan pemanfaatan bahan ajar, untuk membantu guru agar mampu memilih materi pembelajaran atau bahan ajar dan memanfaatkannya dengan tepat. Oleh karena itu penelitian pengembangan modul pembelajaran berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis) dalam materi ekosistem dengan mengaitkan dengan nilai – nilai Islam dan As-sunnah. Tujuan pembelajaran biologi yang memuat nilai – nilai Islam siswa disekolah dapat ditempuh dengan strategi integrasi yaitu integrasi nilai – nilai Islam melalui pembelajaran mata pelajaran biologi. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, untuk mengkaji seberapa besar hasil belajar siswa dalam pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis). dan untuk mengkaji respon siswa terhadap pengembangan modul berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis). Dan perbedaan hasil belajar terhadap pengembangan modul pembelajaran berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis). kelas X.1 di SMA NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui format angket, modul berbasis sains, lingkungan, teknologi, masyarakat dan Islam (Salingtemasis), dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.1 di SMA NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Untuk uji analisis digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan Uji t Paired Sample Test. Berdasarkan hasil dari uji t (Paired Sample Test) menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran (pretest) dan setelah pembelajaran (posttest). Rata-rata nilai hasil pretest sebesar 44,21 dan rata-rata nilai posttest sebesar 59,56, sehingga ada kenaikan nilai test sebesar 15,35. Kata kunci :Modul Biologi Berbasis (Salingtemasis), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:30
Last Modified: 04 Apr 2017 07:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item