EFEKTIVITAS PENDEKATAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII MTS NEGERI CISAAT KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Rian Supriatna, (2013) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII MTS NEGERI CISAAT KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
RIAN SUPRIATNA_07450700_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rian Supriatna “Efektivitas Pendekatan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran Matematika di Kelas VIII MTs Negeri Cisaat Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon” Hasil belajar siswa yang rendah bisa disebabkan karena sebagian siswa masih kesulitan dalam memahami dan menghubungkan konsep-konsep suatu pokok bahasan yang sedang dipelajarinya dengan konsep-konsep yang sudah dipelajarinya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam mengkaitkan konsep-konsep yang telah diberikan. Salah satu pembelajaran yang merupakan alternatif yaitu dengan menggunakan pendekatan peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan peta konsep menjadikan hasil belajar lebih baik daripada tidak menggunakan pendekatan peta konsep. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Cisaat yang terdiri dari 4 kelas dan sebagai sampel diambil sebanyak 2 kelas yang masing-masing berjumlah 43 dengan cara cluster random sampling (acak kelas). Dalam pengumpulan data penulis melakukan hal-hal berikut yaitu melakukan observasi, dan pemberian tes kepada kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dalam proses pembelajarannya tidak menggunakan pendekatan peta konsep secara rata-rata dalam kategori cukup baik, ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata hasil tes sebesar 63,14 dan hasil belajar siswa yang ddalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan peta konsep secara rata-rata dalam kategori cukup baik, ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata hasil tes sebesar 69,30. Berdasarkan hasil uji t-independent menunjukan adanya perbedaan yang signifikan sebesar 0,039, artinya hasil belajar siswa yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan pendekatan peta konsep berbeda dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan peta konsep, dimana kelompok dengan pendekatan peta konsep lebih baik daripada tanpa menggunakan pendekatan peta konsep.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 07:58
Last Modified: 12 Jun 2017 02:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item