PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL- MA’ARIF KARANGAMPEL

RINA LUKIANAH, (2013) PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL- MA’ARIF KARANGAMPEL. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RINA LUKIANAH_59451143_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RINA LUKIANAH: “ Pengaruh Penerapan Penilaian Portofolio Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Ma’arif Karangampel“. Setiap kegiatan yang kita lakukan perlu adanya penilaian dan evaluasi untuk mengukur keberhasilan kegiatan yang kita lakukan. Begitu juga pada proses pembelajaran, perlu ada penilaian. Keduanya adalah bagian yang tidak terpisahkan dan saling mendukung untuk tercapainya tujuan pendidikan.Pada hakikatnya penilaian dilakukan guru untuk mengukur apakah siswa telah menguasai ilmu yang sudah dipelajarinya sesuai tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa penilaian tidak hanya dilakukan sesaat, tetapi dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Penilaian bukan hanya menilai sesuatu yang parsial, melainkan harus menilai sesuatu secara menyeluruh meliputi proses dan hasil perkembangan wawasan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dicapai siswa, atas dasar itu perlu dikembangkan sistem penilaian yang berbasis portofolio. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan penilaian portofolio di MTsAl -Ma’arif Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu.(2) Untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematika siswaMTs Al -Ma’arif Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. (3)Untuk mengetahui pengaruh penerapan penilaian portofolio terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Karangampeltahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 136 siswa terbagi menjadi empat kelas, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu peneliti mengambil secara acak dua kelas dari empat kelas yang ada. Peneliti mengambil kelas VII Asebagai kelas eksperimen (yang menggunakan penilaian portofolio). Untuk pengumpulan data menggunakan hasil penilaian portofolio dan hasil tes pemahamandari kelas eksperimen. Data yang diperoleh dari hasil tes pemahamandan penilaian portofolio di analisis melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji signifikansi, uji koefisien determinasi, uji korelasi, uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh t hitung = 3.382 dan t tabel =2.048. Karena t hitung> t tabel atau 3.382> 2,048 maka berdasarkan kriteria uji hipotesis ini Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara penilaian portofolio terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Karangampel. Besarnya pengaruh mengenai penerapan penilaian portofolio terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Karangampel yaitu sebesar 29% dan 71% dipengaruhi faktor lain. Keywords: Portofolio Terhadap Pemahaman Matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:21
Last Modified: 12 Jun 2017 02:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item