PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KETERAMPILAN SOSIAL (Studi Kasus di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Garawangi)

Ririn Nuraeni, (2013) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KETERAMPILAN SOSIAL (Studi Kasus di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Garawangi). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIRIN NURAENI_OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ririn Nuraeni (59451041): “PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KETERAMPILAN SOSIAL” (Studi Kasus di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Garawangi) Salah satu esensi dari pembelajaran Matematika adalah pengembangan kemampuan komunikasi Matematika, tetapi tidak semua siswa di kelas XI IPA SMAN 1 Garawangi memiliki kemampuan komunikasi matematika yang baik. Minimnya pengalaman belajar siswa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk itu diperlukan keterlibatan siswa secara aktif dan responsif setiap kali pembelajaran matematika berlangsung sebagai upaya menambah pengalaman belajar mereka. Dalam hal ini, diperlukan keterampilan sosial yang baik dari masing-masing siswa agar mereka mampu melibatkan diri dalam proses pembelajaran. Tetapi faktanya tidak semua siswa mempunyai keterampilan sosial yang baik sehingga tidak semua siswa mampu melibatkan diri dalam proses pembelajaran Matematika. Tujuan daripada penelitian ini adalah a). Untuk mengetahui seberapa baik kemampuan komunikasi matematika siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Garawangi. b). Untuk mengetahui seberapa baik keterampilan sosial mereka dalam pembelajaran matematika. c). Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa secara signifikan berdasarkan keterampilan sosialnya. Kemampuan komunikasi matematika siswa sedikit banyak dipengaruhi oleh seberapa baik keterampilan sosial yang dimilikinya, khususnya saat pembelajaran Matematika. Jika ia memiliki keterampilan sosial yang baik, maka akan mudah baginya untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran Matematika, sehingga hal itu akan menambah pengalaman belajar mereka yang secara tidak langsung akan turut serta mengembangkan kemampuan komunikasi Matematika mereka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes dengan populasi tersedia adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Garawangi yang berjumlah 98 siswa. Dengan teknik purposive sampling, sebanyak 47 siswa dari 2 kelas yang berbeda diambil sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi Matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Garawangi cukup, dengan rata-rata skor tes 60,57. Dari hasil kategorisasi keterampilan sosial, 23,404% siswa mempunyai keterampilan sosial baik (1), 51,064% siswa mempunyai keterampilan sosial cukup (2) dan 25,532% siswa mempunyai keterampilan sosial kurang (3). Sementara itu, hasil uji One Way ANOVA pada taraf signifikansi α = 0,050 menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa berdasarkan keterampilan sosialnya berbeda secara signifikan, dengan perolehan Fhitung = 32,886 > Ftabel = 3,21. Untuk mengetahui perbedaan tersebut maka dilakukan analisis lanjutan (Post Hoc Test), sehingga diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelompok kategori 1 dengan 2 berbeda sebesar 12,883, kelompok kategori 1 dengan 3 berbeda sebesar 31,091 dan kelompok kategori 2 dengan 3 berbeda sebesar 18,208. Dengan demikian rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelompok kategori 1 adalah yang terbesar. Kata kunci: komunikasi matematika, keterampilan sosial

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:27
Last Modified: 12 Jun 2017 02:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item