EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEAs (Means Ends Analysis) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMP N 6 CIREBON

RITA KARTIKA, (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEAs (Means Ends Analysis) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI SMP N 6 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RITA KARTIKA_OK.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

RITA KARTIKA.59451144.”Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran MEAs (Means-Ends Analysis) dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. (Studi Eksperimen di SMPN 6 Cirebon)” Kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika menunjukkan siswa tidak memiliki kemampuan pemikiran yang logis, kritis dan sistematis. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan penalaran siswa yaitu proses pembelajaran yang terfokus pada guru dan siswa jarang memperoleh soal-soal koneksi dan pemecahan masalah. Akibatnya, siswa kurang menggunakan nalar yang logis dalam menyelesaikan persoalan matematika sehingga kemampuan penalaran siswa tidak terlatih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) seberapa besar kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran MEAs (means ends analysis); (2) seberapa besar kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori; (3) perbandingan kemampuan penalaran matematis siswa antara penggunaan model pembelajaran MEAs (means ends analysis) dan model pembelajaran ekspositori; (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran MEAs (means ends analysis). Model pembelajaran MEAs (means ends analysis) merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang mampu mengaktifkan siswa dalam kegiatan belajar. Selain itu juga mampu melatih siswa berpikir logis, kreatif, cermat, kritis dan sistematis. Dengan diterapkannya model pembelajaran MEAs ( means ends analysis) dalam pembelajaran matematika, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Data diperoleh dari hasil tes dan penyebaran angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang diambil dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data hasil pengukuran tes dianalisis menggunakan uji independent samples t test dan Cohen’s d. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 72,03 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 65,27. Effect size yang diperoleh sebesar 1,06 dengan kategori efek besar. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran MEAs (means ends analysis) sebesar 70,10% dengan kategori respon baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran MEAs (means ends analysis) efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa untuk materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok daripada model pembelajaran ekspositori. Kata Kunci : Model pembelajaran MEAs (means ends analysis), model pembelajaran ekspositori, kemampuan penalaran matematis siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 00:46
Last Modified: 12 Jun 2017 02:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item