PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Depok Kab. Cirebon)

RIVA SULIKHAH, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Depok Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIVA SULIKHAH_07450703_ok.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

RIVA SULIKHAH, “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Depok Kab. Cirebon)” Strategi pembelajaran dalam matematika pada dasarnya adalah suatu rencana untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tujuan matematika di sekolah adalah menekankan pada penalaran, membentuk kepribadian, kemampuan memecahkan masalah, dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya rumus, aturan dan konsep dalam matematika membuat menurunnya keaktifan siswa di SMP N 1 Depok Kab. Cirebon dalam menyelesaikan persoalan matematika. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam pembelajaran matematika, yaitu dengan penggunaan SPBM yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam dalam memecahkan masalah matematika, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan SPBM, menjelaskan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas kontrol setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu berupa pembelajaan ekspositori, membuktikan bahwa SPBM memberikan pengaruh yang lebih baik daripada pembelajaran ekspositori, dan menjelaskan respon siswa pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan. SPBM adalah sebuah inovasi dalam strategi pembelajaran dengan maksud untuk mengoptimalkan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah melalui proses kerja kelompok yang telah dirancang oleh seorang guru. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah suatu pemikiran yang terarah untuk menemukan suatu solusi dengan cara mentransfer pengetahuan dan keterampilan untuk menjawab persoalan dalam matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Pengumpulan data menggunakan test dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Depok Kab. Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Dari hasil pengukuran melalui test kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif, dan uji t independen dan hasil pengukuran melalui angket diolah secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen mengalami perubahan sebesar 29,74. Sementara pada kelas kontrol mengalami perubahan sebesar 10,95. Hasil uji t independen menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan SPBM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini diperkuat dengan respon siswa terhadap penggunaan SPBM yaitu kriteria tinggi yaitu dengan prosentase sebesar 73,87%. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 00:52
Last Modified: 12 Jun 2017 02:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item View Item