PENGEMBANGAN TES STANDAR MATEMATIKA BERBASIS TEORI TES KLASIK (CLASSICAL TEST THEORY) DI SMP NEGERI 6 KOTA CIREBON

RIZA WIJAYANTI, (2013) PENGEMBANGAN TES STANDAR MATEMATIKA BERBASIS TEORI TES KLASIK (CLASSICAL TEST THEORY) DI SMP NEGERI 6 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Riza Wijayanti_OK.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

RIZA WIJAYANTI, 2013. Pengembangan Tes Standar Matematika Berbasis Teori Tes Klasik (Classical Test Theory) di SMP Negeri 6 Kota Cirebon. Penilaian atau evaluasi hasil belajar peserta didik merupakan salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh pendidik. Dalam proses evaluasi sumatif di SMP Negeri 6 Kota Cirebon masih dalam kategori tes buatan guru. Hal ini dapat diartikan bahwa proses evaluasi masih belum terstandar, dalam arti penyusunan tesnya disusun sendiri oleh guru tanpa bantuan orang lain atau tenaga ahli. Sedangkan untuk analisis soal dalam prakteknya masih jarang dilakukan. Akibatnya hasil tes tersebut memiliki derajat kesahihan dan keandalan yang rendah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan penyusunan produk berupa soal-soal tes standar matematika SMP kelas VII, untuk mengetahui hasil analisis validitas isi pada soal-soal yang telah dikembangkan berdasarkan expert judgement, mengkaji analisis butir soal hasil uji coba terbatas berbasis teori tes klasik (classical test theory), mengkaji analisis butir soal hasil uji coba luas berbasis teori tes klasik (classical test theory), menghasilkan produk berupa tes standar matematika SMP kelas VII berbasis teori tes klasik (classical test theory). Penelitian pengembangan ini melalui beberapa tahap dalam pelaksanaannya. Sehingga dapat diperoleh tes standar yang mempunyai validitas dan reliabilitas yang tinggi. Dengan menggunakan analisis berbasis teori tes klasik (classical test theory) dapat mempermudah untuk mendapatkan kualitas tes yang baik. Sehingga perlu adanya pengembangan tes standar matematika berbasis teori tes klasik (classical test theory). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah prosedur penelitian dan pengembangan (research and development). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII, VIII, dan IX yang ada di SMP Negeri 6 Kota Cirebon. Dengan jumlah 940 peserta didik tahun akademik 2012/2013. Kemudian sampel sebanyak 130 peserta didik dengan teknik purposive proportional random sampling. Sebanyak 30 peserta didik kelas VIII A untuk uji coba terbatas dan 100 peserta didik kelas VII untuk uji coba luas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi atau uji tim ahli (expert judgement) dan tes. Teknik analisis data dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil produk soal yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini, di dihasilkan sebanyak 22 butir soal. Dengan banyaknya butir soal yang dihasilkan untuk setiap pokok bahasan himpunan sebanyak 6 butir soal dengan persentase sebesar 27,3%, garis dan sudut sebanyak 7 butir soal dengan persentase sebesar 31,8%, sedangkan pada pokok bahasan segiempat dan segitiga sebanyak 9 butir soal dengan persentase sebanyak 40,9%. Dan total jenjang kognitif C1 sebanyak 3 butir soal dengan persentase sebesar 13,6%, C2 sebanyak 6 butir soal dengan persentase sebesar 27,3%, C3 sebanyak 8 butir soal dengan persentase sebesar 36,4% dan jenjang kognitif C4 sebanyak 5 butir soal dengan persentase sebesar 22,7%. Serta memiliki reliabilitas sebesar 0,810 dengan kategori tinggi, daya pembeda dengan kategori dominan adalah baik dengan persentase sebesar 50%. Tingkat kesukaran dengan kategori dominan adalah sedang persentase sebesar 68,2%. Dan memiliki kualitas pengecoh yang baik, paling sedikit dipilih oleh sebanyak 5% dari keseluruhan pengikut tes. Kata Kunci: Tes Standar, Teori Tes Klasik (Classical Test Theory)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 00:57
Last Modified: 12 Jun 2017 02:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item View Item