PENGARUH RESPON PENGGUNAAN MODUL KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Kelas VIII MTs PUI Cikijing Kabupaten Majalengka

SEPTI DIAN KURNIAWATI, (2013) PENGARUH RESPON PENGGUNAAN MODUL KONTEKSTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Kelas VIII MTs PUI Cikijing Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SEPTI DIAN KURNIAWATI_59451046_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SEPTI DIAN KURNIAWATI : “Pengaruh Respon Penggunaan Modul Kontekstual Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen Kelas VIII MTs PUI Cikijing Kabupaten Majalengka)”. Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dimasukan dalam Ujian Nasional. Pemahaman materi matematika perlu dimiliki siswa, akan tetapi banyak kendala untuk merealisasikan hal tersebut, salah satunya adalah kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan modul kontekstual, untuk mengetahui minat belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh respon penggunaan modul kontekstual terhadap minat belajar matematika siswa. Penelitian ini bertolak dari kerangka teori bahwa penggunaan modul kontekstual ikut mempengaruhi minat belajar matematika siswa, dimana modul kontekstual adalah bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta didik, dan didalamnya terdapat pengaitan konten materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata serta mendorong siswa untuk dapat membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dapat disimpulkan dalam kerangka teori bahwa dengan bahan ajar yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran, menyenangkan, serta tidak membuat jenuh dapat membantu siswa untuk lebih berminat mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs PUI Cikijing Kab. Majalengka, pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara mengambil satu kelas secara acak. Kelas yang terpilih menjadi sample penelitian adalah kelas VIII-C sebanyak 38 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Setelah data diperoleh , kemudian data dianalisis dengan analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi, kelinieran regresi, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah rata-rata hasil angket respon siswa terhadap penggunaan modul kontekstual sebesar 94,07, rata-rata angket minat belajar matematika siswa sebesar 94,63. Respon siswa terhadap penggunaan modul kontekstualberada pada kategori baik dengan perolehan persentase sebesar 71,05%, minat belajar matematika siswa berada pada kategori baik dengan perolehan persentase 81,58%. Nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,56 yang menunjukan pada kategori sedang. Minat belajar matematika siswa dipengaruhi oleh penggunaan modul kontekstual sebesar 31,36%, sedangkan hubungan antara variabel terikat tersebut dapat dinyatakan dalam persamaan ŷ = 44,68 + 0,53x , dengan taraf signifikansi 5% untuk hasil hipotesis diperoleh thitung = 4,04 dan ttabel = 2,2094, karena thitung > ttabel , berdasarkan kriteria hipotesis Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara respon penggunaan modul kontekstual terhadap minat belajar matematika siswa. Kata Kunci: modul kontekstual, bahan ajar cetak, minat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:34
Last Modified: 12 Jun 2017 02:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item