PENGARUH BIMBINGAN GURU DI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MTs MADINA BUNDER SUSUKAN CIREBON

SHOLEKHA, (2013) PENGARUH BIMBINGAN GURU DI KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MTs MADINA BUNDER SUSUKAN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SHOLEKHA_58451041_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SHOLEKHA : “Pengaruh Bimbingan Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika di MTs Madinah Bunder Susukan Cirebon”. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru mata pelajaran matematika kelas VIII di MTs Madina Bunder, bahwa guru belum maksimal dalam memahami kesulitan belajar siswa, mendorong potensi siswa dan menciptakan kondisi belajar yang kondusif. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru dan merasa kurang diperhatikan oleh guru mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui baik tidaknya bimbingan guru matematika kelas VIII MTs Madinah. Untuk mengetahui baik tidaknya hasil belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh bimbingan guru terhadap hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran matematika tidak semua siswa memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kurangnya bimbingan yang diberikan oleh guru kepada siswa saat proses belajar mengajar di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Madinah Bunder Susukan berjumlah 76 siswa, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik class Random Sampling dengan mengambil sampel kelas VIII. Didapat 36 siswa sebagai sampel. Variabel dalam penelitian ini adalah Bimbingan Guru dan Hasil Belajar matematika. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Setelah dilakukan pengolahan data berdasarkan bantuan program SPSS 18.0 diperoleh hasil bahwa Bimbingan Guru di kelas menunjukkan kriteria sedang, dengan rata-rata 46,83 dan simpangan baku 8,098. Hasil Belajar Matematika siswa memiliki rata-rata nilai sebesar 13,25 dan simpangan baku 2,371. Berdasarkan uji t diperoleh thitung sebasar 3,749 dan ttabel sebesar 1,691. Karena thitung > ttabel atau 3,749 > 1,691 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Bimbingan Guru (X) terhadap Hasil belajar matematika (Y). Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Ŷ=8,264 + 0,107X dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,134 menunjukan bearnya pengaruh bimbingan guru terhadap hasil belajar matematika di MTs Madina Bunder Susukan Cirebon sebesar 13,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga proses pembelajaran yang disertai dengan bimbingan giri di kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka semakin tinggi bimbingan guru di kelas maka semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh oleh siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:41
Last Modified: 12 Jun 2017 02:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item