PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Cirebon)

Siti Aisyah, (2013) PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI AISYAH_59451147_ok.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Siti Aisyah. “PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (STUDI KASUS DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA CIREBON)”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Agustus 2013. Matematika erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Banyak permasalahan yang memerlukan penyelesaian dengan menggunakan matematika. Umumnya para siswa di sekolah belajar sesuai dengan contoh yang diberikan guru, dan soal-soal yang diberikan kepada siswa hanya soal-soal yang langsung pada pemakaian rumus yang sudah ada atau soal tertutup. Jarang yang mengaitkannya dengan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari, akibatnya siswa kurang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritisnya untuk menemukan dan mencari informasi yang berkaitan dengan pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) Seberapa tinggi keterampilan berpikir kritis siswa. b) Seberapa baik kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. c) Adakah pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Berpikir kritis dan pemecahan masalah merupakan bagian yang sangat penting dalam belajar matematika, karena matematika terbentuk dan berkembang melalui proses berpikir dan pemecahan masalah. Oleh karena itu, pembelajaran matematika menuntut kemahiran matematika yang mencakup antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Cirebon yang terdiri dari 8 kelas dan dengan jumlah 259 siswa. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil satu kelas dari delapan kelas yaitu kelas VIII H yang berjumlah 32 siswa. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Hasil penelitian, setelah dilakukan pegolahan data berdasarkan program bantuan SPSS diperoleh hasil bahwa untuk variabel keterampilan berpikir kritis siswa menunjukan rata-rata sebesar 60,66 dan simpangan baku 15,028. Pada variabel kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika menunjukan rata-rata sebesar 64,85 dan simpangan baku 14,240. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 01:49
Last Modified: 12 Jun 2017 03:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1661

Actions (login required)

View Item View Item