PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Salafiyah Kota Cirebon Pokok Bahasan Himpunan)

SITI NUR AISAH, (2013) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Salafiyah Kota Cirebon Pokok Bahasan Himpunan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI NURAISAH_OK.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

SITI NUR AISAH : “PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Salafiyah Kota Cirebon Pokok Bahasan Himpunan)” Rendahnya kualitas pemahaman dan kemampuan berpikir siswa terhadap matematika disebabkan pembelajaran yang dilakukan di sekolah-sekolah masih berpusat pada guru. Siswa menyelesaikan banyak soal tanpa pemahaman yang mendalam. Akibatnya kemampuan penalaran dan kompetensi strategis siswa tidak berkembang. Selain itu pendekatan pembelajaran tradisional ternyata kurang mendukung untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran CTL dan untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan berpikir aljabar siswa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VII pada pokok bahasan himpunan di MTs Salafiyah Kota Cirebon. Pembelajaran CTL merupakan pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa pada setiap tahap pembelajaran dengan cara menghubungkannya dengan situasi kehidupan yang dialami sehari-hari hingga pemahaman materi dapat diterapkan dalam kehidupan nyata siswa. Kemampuan berpikir aljabar sangat diperlukan dalam pembelajaran karena siswa didorong untuk mencari dan menemukan pengetahuan baru yang melibatkan keaktifan siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat eksperimen. Penelitian ini mengambil populasi kelas VII MTs Salafiyah Kota Cirebon tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 102 siswa. sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII A yang diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS versi 17.0 didapat nilai uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 4.007. Nilai ttabel adalah 2.030. Dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4.007 > 2.030 yang berarti bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. Kelinieran regresi pada Anova, nilai F = 16,053 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00. Oleh karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka regresi dapat dipakai untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. Persamaan regresinya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:00
Last Modified: 12 Jun 2017 03:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item