PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA (Studi Kasus Kelas XI IPA di SMAN 1 Bulakamba Kab. Brebes

Siti Nurseha, (2013) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA (Studi Kasus Kelas XI IPA di SMAN 1 Bulakamba Kab. Brebes. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI NURSEHA (59451096)_OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siti Nurseha “PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA (STUDI KASUS DI KELAS XI IPA SMAN 1 BULAKAMABA KAB. BREBES) “ Pemahaman matematis merupakan salah satu kriteria berfikir tingkat tinggi (High Ordered Thinking) yang harus dimiliki siswa. Diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menganalisis soal matematika khususnya aljabar masih kurang. Hal tersebut dapat diidentifikasi dari bagaimana siswa menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru pada pembelajaran langsung, Siswa cenderung menuliskan hasil akhir dari soal yang diberikan guru tanpa disertai cara yang jelas dan sistematis. Masih terdapat kekeliruan dalam menafsirkan simbol-simbol sehingga dapat mengakibatkan kesalahpahaman dalam menganalisis suatu permasalahan. Karena mereka menganggap hal tersebut rumit untuk diselesaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir aljabar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pemahaman matematis siswa. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan berpikir aljabar terhadap pemahaman matematis siswa. Berpikir aljabar merupakan generalisasi pengalaman dari bilangan dan perhitungan, memformalisasikan ide-ide ini dengan penggunaan sistem simbol yang berguna, dan mengekplorasi konsep-konsep dari pola dan fungsi. Kemampuan berpikir aljabar sebagai salah satu alternatif yang digunakan untuk melatih siswa meningkatkan pemahaman matematis dalam pembelajaran matematika karena kemampuan berpikir aljabar dalam banyak hal mempunyai kelebihan yaitu dapat digunakan dalam perhitungan apapun dalam pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bulakamba yang berjumlah 120 siswa, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan mengambil satu kelas yaitu kelas XI IPA 3 yang berjumlah 41 siswa. Adapaun teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Berdasarkan hasil penelitian, setelah dilakukan pengolahan data berdasarkan bantuan SPSS diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir aljabar menunjukkan kriteria baik dengan rata-rata nilai 69,78. Pemahaman matematis siswa menunjukkan kriteria baik dengan rata-rata nilai tes sebesar 75,98. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Ỷ = 19,883+ 0,804 X dengan nilai koefisien determinasi sebesar 46,2%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh kemampuan berpikir aljabar terhadap pemahaman matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bulakamba Kabupaten Brebes. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Aljabar, Pemahaman Matematis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:11
Last Modified: 12 Jun 2017 03:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item View Item