ANALISIS KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGOPERASIONALKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SMP NEGERI I KALIWEDI KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON

SRI ANA, (2013) ANALISIS KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DALAM MENGOPERASIONALKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DI SMP NEGERI I KALIWEDI KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SRI ANA_59451149_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SRI ANA: Analisis Kemampuan Guru Matematika dalam Mengoperasionalkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMP Negeri I Kaliwedi Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon Seorang guru yang mengajar tanpa persiapan, pembelajaran menjadi tidak menarik, monoton dan yang terpenting adalah tujuan pembelajaran menjadi tidak jelas. Keberhasilan guru matematika dalam mengoperasionalkan RPP pada proses belajar mengajar, tidak lain karena adanya upaya yang sistematis yang telah dilakukan guru matematika tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar kemampuan guru matematika dalam mengoperasionalkan RPP di SMP N I Kaliwedi. Tujuan penelitian ini adalah: memperoleh data tentang kemampuan guru matematika (guru pertama, guru kedua, guru ketiga, guru keempat dan guru kelima) dalam mengoperasionalkan RPP. Penelitian ini dilandasi dengan pemikiran bahwa guru sebagai salah satu komponen di sekolah memiliki posisi yang penting dalam proses belajar mengajar. Kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah ada di tangan guru. Ia mempunyai peranan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan siswanya, pengetahuan, keterampilan, kecerdasan dan sikap serta pandangan hidup siswa. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan melakukan persiapan mengajar yang diolah, dirancang semenarik mungkin dan diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas. Sebab dengan persiapan yang matang akan tercipta kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada bidang studi matematika sehingga kegiatan belajar mengajar bisa lebih aktif dan dengan begitu tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan dilengkapi metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru matematika (5 orang) dan siswa SMP N I Kaliwedi (946 orang). Sampel yang digunakan adalah seluruh guru matematika SMP N I Kaliwedi (5 orang) dan perwakilan siswa dari kelas VII A – IX H (240 orang). Teknik analisis data menggunakan rumus prosentase , sedangkan untuk data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dianalisis dengan menggunakan logika/deskriptif. Dari penelitian ini diketahui bahwa kemampuan guru matematika pertama dalam mengoperasionalkan RPP mencapai 60.21% tergolong dalam kategori cukup baik; guru matematika kedua mencapai 45.21% tergolong dalam kategori kurang baik; guru matematika ketiga mencapai 63.68% tergolong dalam kategori cukup baik; guru matematika keempat mencapai 62.5% tergolong dalam kategori cukup baik dan guru matematika kelima mencapai 59.59% tergolong dalam kategori cukup baik. Key Word : Kemampuan Guru Matematika, RPP

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:23
Last Modified: 12 Jun 2017 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1673

Actions (login required)

View Item View Item