PENERAPAN METODE EDU TAINMENT BERBASIS THINK PAIR AND SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI MAN KARANGAMPEL INDRAMAYU

HARISNAWATI, (2013) PENERAPAN METODE EDU TAINMENT BERBASIS THINK PAIR AND SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI MAN KARANGAMPEL INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HARISNAWATI_59461267_OK-min.pdf

Download (608kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Penerapan metode Edu tainment berbasis think pair and share sangat penting dalam proses pembelajarab biologi, disamping melatih siswa untuk mengemukaakan pendapat, selain itu siswa juga dapat belajar menyenangkan dengan penggunaan media power point hyperlink yang menampilkan gambar-gambar berupa video tentang system ekskresi manusia yang sifatnya abstrak, sehingga siswa dapat memahami dan dapat memberikan gambaran pada otaknya untuk berfikir. Dengan demikian siswa memiliki keterampilan berfikir kritis dalam mengemukakan pendapat dan gagasannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji: (1) penerapan Metode Edu Tainment berbasis think pair and share dalam proses belajar mengajar (PBM). (2) peningkatan berfikir kritis siswa dengan menggunakan Metode Edu Tainment berbasis think pain and share. (3) respon siswa dalam penerapan Metode Edu tainment berbasis think pair and share. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuanitatif. Dalam pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, angket dan tes, yaitu berupa pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA, dengan sampel sebanyak dua kelas yang diambil secara Random Sampling. Data hasil tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji N-gain, uji normalitas, uji mann whitney. Berdasarkan dari data hasil penelitian, menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sedangkan Respon angket, dengan nilai presentase angket yaitu dengan rata-rata respon siswa dari 20 item adalah berkreteria sangat kuat yaitu antara 81%-100%. Pembelajaran dengan menggunakan metode Edu Tainment berbasis Think Pair and Share ini dapat menjadikan siswa untuk lebih aktif dalam berfikir untuk menjawab semua persoalan yang di pertanyakan oleh guru. Kata kunci : Metode Edu Tainmnet, Think Pair and Share, keterampilan berfikir kritis

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:21
Last Modified: 05 Apr 2017 02:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item