PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA YANG DIKEMAS DALAM BENTUK CERITA

Sri Hartini, (2013) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA YANG DIKEMAS DALAM BENTUK CERITA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SRI HARTINI_OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sri Hartini. NIM 59451050. PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKA SOAL MATEMATIKA YANG DIKEMAS DALAM BENTUK CERITA. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Oktober 2013. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan berpikir logis matematis. Dari sanalah penulis berasumsi bahwa Kemampuan berpikir logis matematis berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan berpikir logis matematis siswa, 2) mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita, dan 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan berpikir logis matematis terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita. Untuk mengukur kemampuan matematika siswa dalam bentuk cerita dilakukan tes berupa pilihan ganda. Dalam memahami soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita dibutuhkan pemahaman bahasa dan logika penalaran. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 9 Kota Cirebon tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 261 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VIII A yang berjumlah 34 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita, teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif. Adapun untuk mengetahui apakah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita dipengaruhi oleh kemampuan berpikir logis matematis, teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Dari hasil analisis data didapat: 1) Kemampuan berpikir logis matematis siswa rata –rata mempunyai kemampuan berpikir logis matematis dikategorikan cukup, ditunjukan dengan nilai rata-rata statistik 9,79 pada skala 1 sampai 25 dan standar deviasi 2,568. 2) Hasil tes kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita secara keseluruhan menunjukan pada kategori cukup. Hal ini terlihat dari rata-rata tes sebesar 68,61pada skala 0 sampai 100 dan standar deviasi sebesar 13,710 3) Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Ŷ = 19,851 + 4,490 X dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,707, yang dapat dimaknai bahwa varian variabel kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita yang dapat dijelaskan oleh variabel kemampuan berpikir logis matematis adalah sebesar 70,7%, selebihnya yang 29,3% dijelaskan oleh variabel lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir logis matematis berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang dikemas dalam bentuk cerita pada kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Cirebon pada pokok bahasan dalil phytagoras dan sistem persamaan linier dua variabel. Kata Kunci:Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Soal Cerita Matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:28
Last Modified: 12 Jun 2017 03:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item