PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA NAIL BOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII di MTs N Cisaat Sumber Kab. Cirebon)

SUNEDI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA NAIL BOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII di MTs N Cisaat Sumber Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SUNEDI_ok.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

SUNEDI: “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Nail Board Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs N Cisaat Sumber Kabupaten Cirebon”. Rendahnya pemahaman siswa lebih terlihat khususnya dalam pokok bahasan yang bersifat abstrak, sehingga memerlukan visualisasi berupa media pembelajaran untuk penyampaian informasi atau materi ajar yang akan disampaikan ke peserta didik. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru dalam setiap kegiatan pembelajaran, karena media berfungsi sebagai perantara atau alat untuk proses komunikasi. Kemampuan pemahaman matematika merupakan salah satu tujuan penting dalam pembelajaran, memberikan pengertian bahwa materi-materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya sebagai hafalan, namun diharapkan siswa dapat lebih mengerti konsep matematika, terbentuk kepribadiannya, terampil menggunakan matematika serta tertata nalarnya. Jenis media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu alat peraga nail board. Alat peraga nail board merupakan alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru dalam berkomunikasi dengan para peserta didik untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar terlihat lebih nyata/konkrit sehingga diharapkan bisa dipahami oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunakan alat peraga nail board dalam pembelajaran matematika. Untuk mengkaji seberapa besar tingkat kemampuan pemahaman matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar dapat dilihat dari hasil tes setelah penggunaan alat peraga nail board sebagai media pembelajarannya. Serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan alat peraga nail board terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen serta teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan tes, kuesioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini secara keseluruhan yaitu siswa kelas VII MTs Negeri Cisaat Sumber Kabupaten Cirebon, sedangkan pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, sehingga dipilih kelas VIIE sebagai sampel sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa penggunaan alat peraga nail board dalam pembelajaran matematika termasuk dalam kategori baik yaitu diperoleh skor rataratanya sebesar 68,05 dan kemampuan pemahaman matematika siswa termasuk dalam kategori baik yaitu diperoleh skor rata-ratanya sebesar 84,07. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikansi α = 5% atau 0,05 diperoleh thitung = 6,409 dan ttabel = 2,024 hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka berdasarkan kriteria uji H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan tentang penggunaan alat peraga nail board terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa di kelas VII MTs Negeri Cisaat Sumber Kabupaten Cirebon yaitu sebesar 51,9% dan sisanya 48,1% adalah faktor lain yang mempengaruhi kemampuan pemahaman matematika. Kata kunci: penggunaan alat peraga nail board, kemampuan pemahaman matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:34
Last Modified: 12 Jun 2017 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item