PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE INTEGRATED TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII MTsN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA

FUZI FITRIANTI HERLIN, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE INTEGRATED TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII MTsN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FUZI FITRIANTI HERLIN_58461219_ok-min.pdf

Download (454kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia kerap kali mengalami perubahan. Perubahan tersebut tentunya berutujuan untuk meningkatkan kualitas pedidikan yang ada di negara ini. Salah satu perubahan tersebut adalah seringnya mengganti kurikulum pendidikan. Berdasarkan kenyataan di lapangan siswa-siswa sekolah menengah terkadang masih sangat kurang dalam mengembangkan keterampilan berfikir mereka khususnya dalam pelajaran IPA. Model pembelajaran terpadu mengembangkan dan menawarkan model pembelajaran yang mengintegrasikan semua domain dalam perkembangan dan pertumbuhan manusia, baik aspek kognitif, sosio-emosional, dan fisik anak, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara harmonis sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektifitas penerapan model pembelajaran terpadu tipe integrated yang diterapkan pada siswa kelas VII MTsN Lemahsugih pada mata pelajaran IPA pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup, 2) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran terpadu tipe integrated dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran terpadu tipe integrated, 3) pengaruh model pembelajaran terpadu tipe integrated terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan instrumen observasi dan tes berupa tes awal (pre-tes) dan tes akhir (post-tes). Analisis data dilakukan secara kuantitatif yaitu penganalisaannya dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: a) model pembelajaran terpadu tipe integrated sangat baik diterapkan di kelas VII MTs Negeri Lemahsugih pada pokok bahasan keanekaragaman makhluk hidup. b) keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran terpadu tipe integrated lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran terpadu tipe integrated. c) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terpadu tipe integrated terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Terpadu, integrated, keanekaragaman makhluk hidup

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:38
Last Modified: 05 Apr 2017 02:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item View Item