HUBUNGAN RESPON SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN OLEH GURU BIOLOGI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN CIREBON I KABUPATEN CIREBON

EVA FATWA SETIANINGSIH, (2013) HUBUNGAN RESPON SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN OLEH GURU BIOLOGI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN CIREBON I KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EVA FATWA SETIANINGSIH_OK-min.pdf

Download (559kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Respon adalah tanggapan, reaksi, jawaban, terhadap suatu gejala atau peristiwa yang terjadi. Keterampilan memberi penguatan merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru sebagai bekal, dimana guru berfungsi sebagai motivator. Penguatan sebagai respon guru terhadap tingkah laku siswa. Dalam hal lain penguatan ini digunakan sebagai motivasi kepada siswa. Sehingga respon siswa terhadap keterampilan memberi penguatan oleh guru biologi merupakan bentuk respon siswa terhadap penguatan yang diberikan oleh guru biologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui data tentang respon siswa terhadap keterampilan memberi penguatan oleh guru biologi, data tentang motivasi belajar siswa, data tentang hubungan respon siswa terhadap keterampilan memberi penguatan oleh guru biologi dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI IPA di MAN Cirebon I kabupaten Cirebon. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik penyebaran angket dan wawancara. Teknik analisa data dilakukan dengan dua cara, yaitu untuk analisa data kualitatif menggunakan angket, sedangkan data kuantitatif diolah menggunakan statistik. Dari hasil penelitian rekapitulasi angket menunjukan bahwa respon siswa terhadap keterampilan memberi penguatan oleh guru biologi adalah 82,8 % dengan berkriteria baik, hal ini berarti sebagian besar siswa memberikan respon yang baik terhadap keterampilan memberi penguatan oleh guru biologi. Motivasi belajar siswa adalah 79,08 % dengan kriteria baik. Berdasarkan pada uji korelasi Product Moment, diperoleh hasil sebesar 0,412 dengan nilai Signifikan 0,017. Jadi dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap keterampilan memberi penguatan oleh guru biologi berkriteria baik, motivasi belajar siswa berkriteria baik, dan terdapat hubungan signifikan antara respon siswa terhadap keterampilan memberi penguatan oleh guru biologi dengan motivasi belajar dengan korelasi sebesar 0,412, dan dapat dikatakan hubungan kedua variabel pada kategori sedang/cukup. Kata Kunci: Respon, Keterampilan Memberi Penguatan, Motivasi Belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 02:56
Last Modified: 05 Apr 2017 02:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item