PERANAN KEGIATAN DALAM PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MA CELANCANG CIREBON

EDI JUMADI, PERANAN KEGIATAN DALAM PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DI MA CELANCANG CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
EDI JUMADI_07460849_ok-min.pdf

Download (520kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan data yang diperoleh dari guru mata pelajaran Biologi kelas XI diketahui nilai KKM mata pelajaran Biologi sebesar 75 dan 40% siswa gagal mencapai nilai KKM. Selain itu terdapat LCD tetapi hanya digunakan untuk mata pelajaran komputer. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengkaji hasil belajar siswa dengan menggunakan kegiatan dalam praktikum pada konsep keanekaragaman hayati di MA Celancang Kabupaten Cirebon.2) Untuk mengkaji hasil belajar siswa tanpa menggunakan kegiatan dalam praktikum keterampilan siswa pada konsep keanekaragaman hayati di MA Celancang Kabupaten Cirebon. 3)Untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa MA Celancang Kabupaten Cirebon melalui kegiatan dalam praktikum siswa pada konsep keanekaragaman hayati dan yang tidak menggunakannya. Dari desain penelitian di atas, langkah pertama adalah studi pendahuluan. Di mana studi pendahuluan ini dijadikan tahap awal permasalahan di sekolah terutama dalam pembelajaran. Kemudian menyusun instrument, instrument yang digunakan terlebih dahulu diuji di kelas yang berbeda (bukan kelas eksperimen), kemudian mengambil sehingga instrument layak digunakan karena kevalidannya. Selanjutnya diberikan kepada siswa untuk dijadikan instrument, bertukar pikiran untuk memecahkan suatu permasalahan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 1 MA Celancang dengan sampel 2 kelas yaitu kelas X IPA I (kelas Eksperimen) dan kelas X IPA 2 (kelas kontrol) dimana masing masing kelas berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Gain dan Uji Hipotesis, materi yang diajarkan keanekaragaman hayati . Hasil penelitian (1) Hasil belajar siswa dengan kegiatan dalam praktikum di kelas eksperimen ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar, dengan mean dari pre-tes sebesar 45,86 sementara untuk post-test sebesar 80,26 dan mean dari gain sebesar 61,13. Dalam hal ini berarti terdapat perbedaan ratarata hasil nilai pre-tes dan post-tes pada kelas eksperimen. (2)Hasil belajar siswa tanpa kegiatan dalam praktikum di kelas kontrol menunjukan adanya peningkatan antara pre-tes dan post-tes, hal ini dapat dilihat dari mean pre-tes sebesar 49,63 sementara untuk post-tes sebesar 74,46 dan mean gain 48,64. Dalam hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil nilai pre-tes dan post-tes pada kelas kontrol.(3) perbedaan pembelajaran kegiatan praktikum pada pokok bahasan keanekaragaman hayati, menunjukan adanya perbedaan yang signifikan, dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,004. Rata-rata gain hasil belajar untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 61,13untuk gain kelas eksperimen dan48,64untuk gain kelas kontrol. Dalam hal ini terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol, yang berarti Ha diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:04
Last Modified: 05 Apr 2017 03:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item