PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL IKHWAN ASTANAJAPURA KAB CIREBON

TUTI ALAWIYAH, (2012) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL IKHWAN ASTANAJAPURA KAB CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
TUTI ALAWIYAH_58451047_ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

TUTI ALAWIYAH : “Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Ikhwan Astanajapura Kab Cirebon” Berdasarkan pengamatan dan observasi di tempat penelitian, terdapat siswa yang memiliki karakter yang unik dan berbeda-beda, terdapat siswa yang mampu mengendalikan emosi, pengelolaan emosi, penguasaan diri sendiri, memotivasi, dan lain-lain. Kurangnya kesadaran diri antara lain sikap siswa dalam pemahaman emosi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi dengan baik, pengaturan diri antara lain mengatur emosi, mengatur cara belajar dan memperhatikan kesiapan dalam belajar menimbulkan dampak pada prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinggi rendahnya kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika, baik buruknya prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nurul Ikhwan dan sampai sejauh manakah pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Nurul Ikhwan. Kecerdasan emosional merupakan suatu hal yang sangat penting karena dengan tingginya kecerdasan emosi maka prestasi belajar matematika pun akan meningkat. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional yaitu siswa yang mampu mengenali, mengelola emosi dan memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain serta melakukan suatu hubungan yang baik. Kecerdasan emosional merupakan penataan emosi sebagai alat untuk mencapai suatu tujuan dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Ikhwan yang berjumlah 65 siswa. Sedangkan untuk sampel, peneliti mengambil kelas VIII B yang berjumlah 30. Variabel dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional sebagai variabel bebas (X) dan prestasi belajar matematika sebagai variabel terikat (Y). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh hasil penelitian bahwa kecerdasan emosional pada pelajaran matematika di MTs Nurul Ikhwan menunjukan kriteria sedang, yaitu dengan tingkat kecerdasan sebesar 66,03, sedangkan prestasi belajar matematika di interpretasikan dalam kategori baik, bisa dilihat dari nilai rata-rata prestasi belajar matematika di kelas VIII B sebesar 45,44. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu dengan nilai koefisien determinasi dalam uji keberartian model sebesar 41,0%. Dengan demikian maka terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika yaitu prestasi belajar matematika siswa 41,0 % ditentukan atau dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan yang 59,0 % lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain. Kata kunci : Kecerdasan emosional, Prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:05
Last Modified: 07 Jun 2017 03:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item