PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMPNEGERI 1 GEBANG

DIYAH SUKMA LULU H, (2013) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMPNEGERI 1 GEBANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DIYAH SUKMA LULU H_59461233_OK-min.pdf

Download (717kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Pembelajaran pada dasarnya merupakan interaksi antara guru dengan siswa secara intens untuk mencapai tujuan pendidikan, yang berlangsung dalam lingkungan tertentu. Interaksi ini disebut interaksi belajar, yang saling berkaitan antara guru dengan siswa.Dalam hal ini guru hendaknya menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif, kreatif dan cooperative, salah satu model cooperativelearning yaitu tipe bamboo dancing karena siswa dapat berbagi informasi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Selain itu siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi yang mampu meningkatkan hasil belajar, dengan penerapan model yang inovatif dan kreatif di kelas, salah satunya diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, sehingga tercipta suasana yang kondusif dan tidak monoton lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Cooperative Learning tipe Bamboo Dancing pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Gebang, mengetahui besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model Cooperative Learning tipe Bamboo Dancing dan yang menerapkan pembelajaran metode ceramah pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Gebang, serta untuk mengetahui respon siswa setelah penerapan model cooperative learning tipe Bamboo Dancing pada materi Ekosistem di kelas VII SMPN 1 Gebang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen, desain penelitian menggunakan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gebang dengan sampel 2 kelas yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol, masing-masing kelas berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah menerapkan model cooperative learning tipe bamboo dancing pada materi ekosistem dengan peningkatan hasi belajar kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata postest kelas eksperimen 84,1 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 64,8. Respon siswa terhadap penerapan model cooperative learning tipe bamboo dancing pada materi ekosistem mendapatkan respon yang sangat baik. Hal ini dilihat dari rekapitulasi hasil angket respon siswa dari 20 pernyataan diperoleh 55% pernyataan angket respon siswa yang berkriteria sangat kuat dan 45% pernyatan angket berkriteria kuat. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan, bahwa penerapan model cooperative learning tipe bamboo dancing pada materi ekosistem membuat suasana belajar menjadi aktif dan menyenangkan. Pada kelas eksperimen terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 0,7 setelah menerapkan model cooperative learning tipe bamboo dancing. Respon siswa terhadap penerapan model cooperative learning tipe bamboo dancing mendapatkan respon sangat baik. Kata kunci : Cooperative Learning, Bamboo Dancing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:08
Last Modified: 05 Apr 2017 03:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item