PENERAPAN ASESMEN DIRI SISWA (ADS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri I Luragung Kabupaten Kuningan)

Ulpah Lisbadiyah, (2013) PENERAPAN ASESMEN DIRI SISWA (ADS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri I Luragung Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ULPAH LISBADIYAH_58451147_ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ulpah Lisbadiyah. Penerapan Asesmen Diri Siswa (ADS) dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Trigonometri (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri I Luragung Kabupaten Kuningan) Penelitian dilatarbelakangi dari permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika, kurangnya Asesmen yang digunakan dalam pembelajaran matematika, maka sistem asesmen dalam pendidikan nasional perlu dilakukan perubahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan matematika siswa berdasarkan Asesmen Diri Siswa (ADS), mengetahui kemampuan matematika berdasarkan Asesmen tes dan mengetahui baik tidaknya Asesmen Diri Siswa (ADS) digunakan sebagai Asesmen pembelajaran, mengetahui perbedaan Asesmen Diri Siswa (ADS) dan tes pada pokok bahasan trigonometri. Sistem Asesmen Diri Siswa (ADS) cocok digunakan untuk penilaian dalam aspek kognitif, yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menguasai materi matematika yang telah disampaikan. Dimana setelah pembelajaran matematika dilaksanakan, pada akhir pembelajaran siswa langsung diberikan Pernyataan ADS. Peneliti ini menggunakan desain penelitian berupa one-shot case study, peneliti melakukan beberapa tahap dalam penelitian ini yaitu peneliti mengajar langsung subyek yang akan diteliti yaitu siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Luragung dan melaksanakan pembelajaran sebanyak 3 kali pertemuan, setiap akhir pertemuan dilaksanakan Asesmen Diri Siswa (ADS) dan pada pertemuan keempat dilaksanakan tes. Berdasarkan data hasil yang diperoleh, Penerapan Asesmen Diri Siswa (ADS) ini dilaksanakan secara maksimal, yang digunakan sebagai Asesmen pembelajaran dan sama halnya dengan Asesmen menggunakan Tes, maka kemampuan matematika siswa dalam belajar dapat diihat melalui pengakuannya dapat dibuktikan melalui penelitian. Asesmen Diri Siswa (ADS) cukup baik dilakukan untuk melihat kemampuan matematika siswa dari penerapan Asesmen Diri Siswa (ADS) pada pengakuan kemampuan belajar siswa pada materi trigonometri sebesar 62 % dan hasil Tes diperoleh rata-rat sebesar 63, 3 dengan persentase 63 %, jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan matematika berdasarkan Assessmen Diri Siswa (ADS) dan Tes. Kata kunci : Asesmen Diri Siswa (ADS), tes, kemampuan matematika siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:08
Last Modified: 12 Jun 2017 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item