PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

UMI SALAMAH, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
umi salamah_OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

UMI SALAMAH “Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa” Guru dianggap sebagai pihak yang paling berpengaruh dalam keberhasilan proses pembelajaran. Setiap guru dituntut untuk mampu memilih model pembelajaran yang tepat. Tujuan pembelajaran matematika salah satunya untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematika. Muncul anggapan bahwa kemampuan komunikasi matematika dapat dikembangkan melalui penggunaan model kooperatif, khususnya model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa, untuk mengetahui respon penggunaan model kooperatif STAD pada siswa kelas X MAN Cirebon I Tahun Pelajaran 2012/2013, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model kooperatif STAD terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Model kooperatif STAD merupakan model pembelajaran berkelompok yang dikembangkan berdasarkan teori konstruksivisme, yang setiap anggota kelompok harus saling bersinergi untuk memperoleh nilai terbaik. Sedangkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah kemampuan siswa dalam memahami ide-ide matematika dan merepresentasikannya kembali dalam bentuk lisan dan tulisan. Belajar matematika penekanannya adalah bagaimana proses siswa belajar. Hal ini sejalan dengan aliran konstruksivisme. Oleh karena itu model kooperatif STAD diharapkan dapat membangun dan meningkatkan kemampuan dalam belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Cirebon I Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 470 siswa. Siswa kelas X.4 merupakan sampel dalam penelitian ini yang diambil berdasarkan teknik cluster random sampling. Penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan pada sampel, kemudian diberikan post-tes dan penyebaran angket. Hasil deskripsi data menyatakan bahwa penggunaan model kooperatif STAD memperoleh respon siswa dengan skor rata-rata 76,5. Hal ini menunjukkan bahwa respon yang tinggi diberikan oleh siswa terhadap model tersebut. Sedangkan rata-rata nilai tes yang diperoleh sebesar 81,90 yang termasuk dalam kategori baik. Selain itu analisis dan hasil penelitian dengan menggunakan uji korelasi dan uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi 0,949 termasuk dalam kategori harga koefisien korelasi tinggi. Sedangkan untuk uji hipotesis diperoleh persamaan regresi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:13
Last Modified: 12 Jun 2017 03:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item