HUBUNGAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SUDUT DENGAN KEMAMPUAN MENGHITUNG BESAR SUDUT PADA SEGITIGA (Studi Eksperimen Di Kelas VII Mts Ash Siddiqiyah Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon).

VAERO FAORUZA, (2012) HUBUNGAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP SUDUT DENGAN KEMAMPUAN MENGHITUNG BESAR SUDUT PADA SEGITIGA (Studi Eksperimen Di Kelas VII Mts Ash Siddiqiyah Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
VAERO FAORUZA_58451102_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

VAERO FAORUZA “Hubungan pemahaman siswa terhadap sudut dengan kemampuan menghitung besar sudut pada segitiga (Studi Eksperimen Di Kelas VII MTs Ash Siddiqiyah Kaliwadas Sumber Kabupaten Cirebon). Berdasarkan studi pendahuluan peneliti,MTs Ash Shiddiqiyah merupakan sekolah yang bernaung dalam lingkungan pesantren, hal ini pastinya ruang lingkup kegiatan siswa akan terbagi dengan kegiatan dipesantren, maka secara tidak langsung akan berdampak pada daya konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran dikelas.Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang konsep pemahaman terhadap materinya bersifat sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman siswa terhadap konsep materi sudut dengan kemampuan menghitung besar sudut pada segitiga di kelas VII MTs Ash Siddiqiyah Kaliwadas Kabupaten Cirebon. pembelajaran matematika di sekolah itu sangat penting apalagi melihat peranannya yang cukup berpengaruh untuk pelajaran yang lainnya, untuk itu setiap siswa diharapkan dapat menguasai materi yang telah diajarkan.Sehingga bisa bersifat kritis, jujur, evaluative dan dan inovatif sehingga siswa memiliki kepribadian yang baik dalam kehidupannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, populasinya adalah siswa kelas VII MTs Ash Shiddiqiyah yang berjumlah 123,sedangkan pengambilan sampelnya menggunakan metode expert sampling dengan atas saran ahli peneliti mengambil sampelnya kelas VII C yang berjumlah 42. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shot case study yang meneliti hubungan pemahaman sudut (X) terhadap kemampuan menghitung besar sudut pada segitiga (Y), adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pemahaman siswa kelas VII C MTs Ash Shiddiqiyah terhadap sudut di peroleh nilai rata-rata sebesar 77,02, dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 45. Kemampuan siswa kelas VII C MTs Ash Shiddiqiyah dalam menghitung besar sudut pada segitiga di peroleh nilai rata-rata sebesar 66,43, dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 35. Untuk besarnya hubungan pemahaman sudut terhadap kemampuan menghitung besar sudut pada segitiga diperoleh koefisien determinasi sebesar 9,4%. Artinya 9,4% adalah sebagai besarnya hubungan pemahaman siswa terhadap sudut dengan kemampuan menghitung besar sudut pada segitiga. Selain itu dari hasil uji regresi diketahui juga persamaan regresi, yaitu Y=43,135+0,302x. Nilai a = 43,135 dan b = 0,302. Artinya perbedaan rata-rata kemampuan menghitung besar sudut pada segitiga yang memiliki pemahaman sudut adalah sebesar 0,302.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 05 Apr 2017 03:17
Last Modified: 07 Jun 2017 03:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item